KEEFEKTIFAN KONSELING MELALUI PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY DENGAN TEKNIK TIME PROJECTION UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEROKOK (Studi Kasus Pada Siswa Kelas IX C Di SMP N 2 Jaken)


Ganang Bachtiar Amirullah , 1301410058 (2016) KEEFEKTIFAN KONSELING MELALUI PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY DENGAN TEKNIK TIME PROJECTION UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEROKOK (Studi Kasus Pada Siswa Kelas IX C Di SMP N 2 Jaken). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301410058.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (606kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di sekolah SMP N 2 Jaken bahwa terdapat siswa yang mempunyai perilaku merokok. Perilaku merokok siswa sangat mengkawatirkan mengingat umur merka yang masih remaja. Berdasarkan fenomena tersebut peneliti akan mengurangi perilaku merokok menggunakan pendekatan rational emotive behavior therapy dengan teknik time projection untuk mengurangi perilaku merokok siswa karena dirasa cocok. Tujuan penelitian ini adalah keefektifan konseling melalui pendekatan rational emotive behavior dengan teknik proyeksi time projection dapat mengurangi perilaku merokok siswa Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain desain pre test and post test one group design. Lokasi penelitian di SMP N 2 Jaken tahun ajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah pendekatan rational emotive behavior therapy dengan teknik time projection dan perilaku merokok siswa. Dari hasil perhitungan analisis deskriptif dalam penelitian ini menunjukan bahwa presentase pada 2 siswa sebelum diberikan treatment R1 sebanyak 69,5% dan R2 sebanyak 68% keduanya dalamkriteria tinggi. Treatment dilakukan kepada setiap siswa sebanyak 5 kali pertemuan konseling dengan pendekatan rational emotive behavior therapy dengan teknik time projection Setelah mendapatkan treatment presentase tersebut mengalami pemurunan pada R1 sebesar 14% menjadi 55,5% sehingga masuk dalam kategori rendah dan pada R2 sebesar 13% menjadi 55% sehingga termasuk dalam kategori rendah. Setiap indikator mengalami penurunan kecuali indikator interaksi sosial dan pengetahuan yang mengalami kenaikan 1% dan 1,5% pada R1 serta 2% dan 1,5% pada R2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perilaku merokok siswa yang tinggi dapat diturunkan ke kategori rendah dengan menggunakan konseling pendekatan rational emotive behavior therapy dengan teknik time projectio, hal tersebut dapat diketahui dari perilaku merokok R1 dan R2 dari kategori tinggi turun ke kategori rendah. Disarankan guru juga terus mencegah dan memantau perilaku siswa agar tidak terulang kembali, tidak hanya siswa yang sudah mendapatkan treatment tetapi juga berlaku untuk siswa yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: rational emotive behavior therapy, time projection, perilaku merokok
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 20 Dec 2017 19:27
Last Modified: 20 Dec 2017 19:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28571

Actions (login required)

View Item View Item