PEMBELAJARAN KEJAR PAKET C (STUDI KASUS DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS I SEMARANG)


RETNO WIDAWATI , 1201412073 (2016) PEMBELAJARAN KEJAR PAKET C (STUDI KASUS DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS I SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201412073.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (308kB) | Preview

Abstract

Lembaga pemasyarakatan merupakan rumah pembinaan bagi pelanggar hukum. Lembaga pemasyarakatan memiliki program pembinaan intelektual yaitu pendidikan kesetaraan kejar paket c. Pendidikan kesetaraan kejar paket c kini dapat diterima oleh narapidana atau warga binaan pemasyarakatan. Mereka ada karena kesalahan yang harus dipertanggung jawabkan. Dalam melakukan proses pembelajaran dilakukan dengan pendekatan kontinum. Sistem jemput bola atau menjemput satu per satu narapidana dari kamar selalu dilakukan petugas lapas. Hal ini karena narapidana harus memiliki izin keluar blok dan terkadang hanya ikut-ikutan saja mengikuti pembelajaran kejar paket c. Tujuan pembelajaran merupakan harapan perubahan yang diinginkan pada diri warga belajar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskrisipkan proses pembelajaran kejar paket c dan mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran kejar paket c di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah tutor dan warga belajar. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kejar paket c di lembaga pemasyarakatan kelas I Semarang memiliki tahapan yaitu perencanaan, proses pembelajaran, dan evaluasi. Pembelajaran dilaksanakan setiap hari Kamis, Jum’at, dan Sabtu. Tutor merupakan sumber belajar satu-satunya. Tutor berasal dari narapidana tindak korupsi yang tidak semuanya berlatarbelakang pendidik. Kurikulum yang digunakan mengikuti kurikulum nasional. Metode pembelajaran yang digunakan dengan ceramah. Pembelajaran kejar paket c bermanfaat bagi warga belajar untuk dapat digunakan setelah bebas dari lembaga pemasyarakatan. Dalam proses pembelajaran terdapat kendala internal dan eksternal. Simpulan dari penelitian ini yaitu pembelajaran kejar paket c di di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang berjalan sesuai dengan perencanaan, pelaksanaan dan evalausi. Saran yang diberikan untuk Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang yaitu pertahankan pembinaan intelektual melalui pendidikan kesetaraan kejar paket. Karena masih banyak warga binaan yang membutuhkan pendidikan kesetaraan selama di lembaga pemasyarakatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Kejar Paket C, Lembaga Pemasyarakatan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 20 Dec 2017 19:27
Last Modified: 20 Dec 2017 19:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28569

Actions (login required)

View Item View Item