PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM PEMBERDAYAAN INFRASTRUKTUR BERSUMBER DANA DESA DI DESA TRISOBO KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL


Chairul Wahid Kurniawan , 1201412071 (2016) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM PEMBERDAYAAN INFRASTRUKTUR BERSUMBER DANA DESA DI DESA TRISOBO KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201412071.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (334kB) | Preview

Abstract

Pembangunan nasional bertujuan untuk meningkatkan potensi masyarakat maupun daerah agar tercipta kesejahteraan sosial. Namun kenyatannya program pemberdayaan yang di kelola belum mengikutsertakan masyarakat. Karena permasalahan yang terjadi pada program pemberdayaan yang berimbas pada kurangnya partisipasi masyarakat membuat pemerintah sebagai otoritas tertinggi negara melakukan upaya membuat suatu program pemberdayaan melalui Dana desa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi masyarakat dalam program pemberdayaan infrastruktur melalui mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi beserta hal-hal pertimbangan dasar yang dijadiakan dalam perlibatan masyarakat dalam program pemberdayaan infrastruktur bersumber Dana Desa di Desa Trisobo Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian yaitu masyarakat serta informan yaitu pemerintah desa dan pelaksana program. Data dikumpulkan melalui wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Prosedur penelitian ini dibagi dalam empat tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, analisis dan penulisan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat Desa Trisobo meliputi partisipasi pada tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Bentuk partisipasi masyarakat pada tahap perencanaan berupa usulan dalam kegitan di musyawarah. Bentuk partisipasi masyarakat tahap pelaksanaan berupa sumbangantenaga saat kerja bakti. Sedangkan partisipasi masyarakat pada tahap evaluasi berupa pengawasan berupa saran dan masukan kepada pemerintah desa dan pelaksana program.Hal-hal pertimbangan dasar yang dijadiakan dalam partisipasi masyarakat dalam program pemberdayaan infrastruktur yaitu usia, pendidikan, pekerjaan, pengalaman dan kepemimpinan dari pemerintahan Desa Trisobo. Simpulan dari penelitian ini adalah partisipasi masyarakat di Desa Trisobo meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hal-hal pertimbangan dasar yang dijadiakan dalam perlibatan masyarakat dalam program pemberdayaan infrastruktur yaitu usia, pendidikan, pekerjaan, pengalaman dan kepemimpinan dari pemerintahan Desa Trisobo.Saran yang dapat diberikan kepada pemerintah desa yaitu perlunya diadakan rapat inti pemerintah desa serta perlu adanya peningkatan pengadministrasian. Sedangkan pengelola yaitu perlu dibuat penginformasian yangjelas berupa papan informasi atau mading saat pelaksanaan program pemberdayaan. Saran untuk masyarakat perlu terlebih dahulu belajar mengenai Dana Desa agar dalam pengelolaan program mulai perencanaaan, pelaksanaa dan evaluasi lebih dapat berkontribusi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat, Pemberdayaan dan Dana Desa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 20 Dec 2017 19:28
Last Modified: 20 Dec 2017 19:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28568

Actions (login required)

View Item View Item