UPAYA LANSIA DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN KESEHATAN DI POSYANDU LANSIA CIPTO USODO KELURAHAN BERGASLOR KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG


Azharuly Nafisadilah , 1201412061 (2016) UPAYA LANSIA DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN KESEHATAN DI POSYANDU LANSIA CIPTO USODO KELURAHAN BERGASLOR KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201412061.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (497kB) | Preview

Abstract

Sehat merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh semua orang, tak terkecuali para lansia. Banyaknya kegiatan yang juga dilakukan oleh para lansia bisa saja membuat kesehatannya menjadi menurun. Pemeliharaan kesehatan tidak hanya dilakukan saat masih muda, justru dengan semakin bertambahnya usia, pemeliharaan kesehatan menjadi semakin dibutuhkan. Pemenuhan kebutuhan kesehatan bagi lansia salah satunya dengan adanya program posyandu lansia. Kegiatannya adalah cek kesehatan, kegiatan olahraga, pengembangan keterampilan dan pengelolaan dana sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemenuhan kebutuhan lansia beserta kendala yang dihadapi dan solusi pemecahan masalahnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan observasi partisipatif dalam penelitian ini. Kegiatan wawancara dilakukan dengan subjek penelitian yang terdiri dari 6 orang perwakilan dari anggota posyandu lansia cipto usodo dilihat dari kelompok usianya serta informan adalah perwakilan dari pengurus posyandu lansia cipto usodo. Dokumentasi didapat dari foto-foto kegiatan serta dokumen-dokumen yang ada di posyandu lansia cipto usodo. Teknik keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi teknik yang menggabungkan 3 metode penelitian untuk mendapatkan hasil yang sama. Prosedur penelitian ini dibagi dalam tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, analisis, dan penulisan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posyandu lansia cipto usodo sudah menggunakan 4 cara pemenuhan kebutuhan kesehatan dan memenuhi kebutuhan kesehatan lansia secara keseluruhan. Para anggota juga dapat memanfaatkan adanya program ini dengan baik. Program ini membuat mereka menjadi lebih mengetahui apa saja yang berhubungan dengan kesehatan. Bukan hanya kesehatan fisik namun juga kesehatan psikologis, kesehatan sosial dan kesehatan spiritual. Beberapa anggota saja yang mengalami kendala selama proses pemenuhan kebutuhan kesehatannya, tetapi dapat dikomunikasikan dengan baik. Saran untuk anggota dan pengurus posyandu lansia cipto usodo adalah agar mempraktekkan apa saja yang di dapat dalam kegiatan ini dalam kehidupan sehari-harinya. Simpulan dalam penelitian ini adalah proses pemenuhan kebutuhan kesehatan yang juga sesuai dengan tujuan posyandu lansia yaitu, untuk meningkatkan derajat kesehatan dan mutu kehidupan usia lanjut untuk mencapai masa tua yang lebih bahagia dan berdaya guna secara garis besar sudah terpenuhi dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Upaya Kesehatan, Lansia, Posyandu Lansia
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 20 Dec 2017 19:28
Last Modified: 20 Dec 2017 19:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28567

Actions (login required)

View Item View Item