FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT DALAM PEMBELAJARAN BERMAIN ALAT MUSIK MELODIS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS DEWANTARA KABUPATEN BANYUMAS


Syaroh Khanifah , 1401412380 (2016) FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT DALAM PEMBELAJARAN BERMAIN ALAT MUSIK MELODIS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS DEWANTARA KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412380.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (415kB) | Preview

Abstract

Pendidikan musik dapat diberikan melalui kegiatan pengalaman musik. Kegiatan pengalaman musik yang dapat dilakukan siswa yaitu mendengarkan musik, bernyanyi, bermain musik, bergerak mengikuti musik, membaca musik, dan kreativitas siswa. Pada pembelajaran bermain alat musik, khususnya alat musik melodis di kelas IV SD Negeri Gugus Dewantara Kabupaten Banyumas masih mengalami hambatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat faktor-faktor penghambat siswa dalam pembelajaran bermain alat musik melodis. Faktor yang dianalisis meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari faktor fisiologis dan psikologis. Faktor eksternal terdiri dari faktor keluarga, sekolah, dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Gugus Dewantara Kabupaten Banyumas yang berjumlah 138 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 103 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian diperoleh dengan angket. Berdasarkan uji validitas angket siswa, diperoleh 45 item pernyataan valid dengan koefisien validitas antara 0,342 sampai 0,683, sedangkan reliabilitas angket siswa yaitu 0,936. Data yang terkumpul lalu dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum gambaran tingkat faktorfaktor penghambat siswa dalam pembelajaran bermain alat musik melodis tergolong sedang. Hasil perhitungan mean sebesar 90,37, berada di interval antara 90 dan kurang dari 135, sehingga termasuk kategori sedang. Hasil perhitungan faktor fisiologis memperoleh mean sebesar 5,39, berada di interval kurang dari 6, sehingga termasuk kategori rendah. Hasil perhitungan faktor psikologis memperoleh mean sebesar 15,47, berada di interval antara 14 dan kurang dari 21, sehingga termasuk kategori sedang. Hasil perhitungan faktor keluarga memperoleh mean sebesar 17,32,berada di interval antara 16 dan kurang dari 24, sehingga termasuk kategori sedang. Hasil perhitungan faktor sekolah memperoleh mean sebesar 38,73, berada di interval kurang dari 40, sehingga termasuk kategori rendah. Hasil perhitungan faktor masyarakat memperoleh mean sebesar 13,46, berada di interval kurang dari 14, sehingga termasuk kategori rendah. Bertitik tolak pada hasil penelitian, maka hendaknya guru harus mengetahui dan memahami kondisi siswa dalam mengikuti pembelajaran bermain alat musik melodis. Selain itu, guru harus meningkatkan pengetahuan dan potensinya pada pembelajaran seni musik agar pembelajaran semakin maksimal dan tujuan pembelajaran tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Alat musik melodis, faktor-faktor penghambat, pembelajaran.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:16
Last Modified: 10 May 2019 13:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28566

Actions (login required)

View Item View Item