STIMULASI KETERAMPILAN SOSIAL ANAK DITINJAU DARI SATUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI


Aulia Rohmawati , 1601412014 (2016) STIMULASI KETERAMPILAN SOSIAL ANAK DITINJAU DARI SATUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601412014.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (563kB) | Preview

Abstract

Keterampilan sosial merupakan salah satu aspek perkembangan anak usia dini yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan anak untuk memulai dan memiliki hubungan sosial dengan orang lain. Pendidikan anak usia dini merupakan tempat strategis untuk mengembangkan keterampilan sosial anak. Masing-masing satuan Pendidikan Anak Usia Dini mempunyai beberapa cara dan metode tersendiri dalam menanamkan nilai-nilai sosial, termasuk didalamnya stimulasi keterampilan sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan sumber data primer dalam penelitian ini meliputi: Kepala sekolah dan pendidik di TK Aisyiyah 1 Kacangan Andong, TK Pertiwi Andong, dan RA Perwanida 03 Mojo Andong Boyolali. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, uji kebsahan data menggunakan metode triangulasi dan sumber. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) stimulasi keterampilan sosial diberikan melalui kegiatan sehari-hari di sekolah, sesuai dengan jenis masing-masing lembaga; (2) guru berperan menyusun rencana kegiatan, diberikan kepercayaan penuh untuk memilih stimulasi keterampilan sosial seperti apa yang akan diberikan kepada anak didik, dan memberikan pengawasan untuk mengendalikan pelaksanaan stimulasi keterampilan sosial anak. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) bagi lembaga sekolah, diharapkan dapat lebih memberikan fasilitas yang lebih memadai untuk stimulasi keterampilan sosial anak; (2) bagi pendidik, diharapkan agar lebih memberikan perencanaan kegiatan yang beragam, dan memberikan kegiatan khusus yang dapat menstimulasi keterampilan sosial anak; (3) bagi orang tua, diharapkan dapat lebih bekerjasama dengan guru untuk melatih anak agar dapat lebih mandiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Stimulasi, Keterampilan, Sosial, Anak, Ditinjau, Satuan, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2017 18:55
Last Modified: 19 Dec 2017 18:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28565

Actions (login required)

View Item View Item