PENGARUH PRAKTIK JARIMATIKA TERHADAP KETERAMPILAN BERHITUNG PERKALIAN PADA SISWA KELAS II SD GUGUS JOGONEGORO KEC. SELOMERTO KAB. WONOSOBO


Idham Sumirat , 1401412379 (2016) PENGARUH PRAKTIK JARIMATIKA TERHADAP KETERAMPILAN BERHITUNG PERKALIAN PADA SISWA KELAS II SD GUGUS JOGONEGORO KEC. SELOMERTO KAB. WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412379.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (749kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang mendasari beberapa perkembangan teknologi modern serta mempunyai peran penting dalam memajukan daya pikir manusia yang diajarkan mulai dari sekolah dasar. Pembelajaran awal yang diterapkan di sekolah dasar diantaranya adalah mengenai berhitung. Selama ini masih ada beberapa siswa yang beranggapan bahwa mata pelajaran matematika adalah mata pelajaran yang susah. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah siswa belum menguasai operasi hitung perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktik jarimatika terhadap keterampilan hitung perkalian siswa kelas II SD Gugus Jogonegoro Kecamatan Selomerto Wonosobo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Gugus Jogonegoro Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 176 siswa yang terbagi dalam 9 kelas dari 8 sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan tipe The Randomized Control Gourp Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian diambil dengan tipe cluster random sampling, sempel acak tahap pertama berjumlah 5 kelas dan pengambilan sempel penelitian berjumlah 3 kelas. Metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Variabel penelitian meliputi praktik jarimatika sebagai variabel bebas dan keterampilan berhitung perkalian sebagai variabel terikat dan kemampuan awal sebagai variabel kontrol. Hasil analisis menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh penerapan praktik jarimatika. Berdasarkan uji t nilai df = 40 diperoleh nilai Sig. (2-tiled) 0.024, maka H0 ditolak. (2) Praktik jarimatika lebih berpengaruh dibandingkan dengan metode mencongak. Analisis uji N-Gain diketahui pengingkatan keterampilan berhitung perkalian pada kelas eksperimen sebesar 0,411. Sedangkan kelas kontrol 0,135. (3) Praktik jarimatika lebih baik dari pada metode mencongak jika kemampuan awal siswa tidak diperhitungkan. Hasil analisis diperoleh nilai Sig >0.05 pada kolom Levene’ Test for Equality of variances maka data memiliki varians yang sama sehingga yang digunakan nilai yang terdapat pada baris Equal variances assumed. Diperoleh haga t=2.350, df 40 dan sig. (2 tiled) atau p-value= 0,024/2 = 0,012 < 0,05, H0 ditolak. Dengan demikian hipotesis yang diajukan teruji oleh data. (4) Praktik jarimatika lebih baik dari pada metode mencongak jika kemampuan awal siswa diperhitungkan. Analisis menggunakan program SPSS pada source baris kelas diperoleh data nilai Sig 0,026 < 0,05, sesuai dengan pengambilan keputusan maka hipotesis teruji oleh data. Penerapan praktik jarimatika perlu disosialisasikan kepada guru untuk dijadikan alternatif alat bantu pembelajaran matematika di sekolah guna mendukung kegiatan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Belajar, jarimatika, keterampilan berhitung perkalian, matematika
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:16
Last Modified: 10 May 2019 13:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28563

Actions (login required)

View Item View Item