KARAKTER CINTA TANAH AIR PADA ANAK USIA DINI DITINJAU DARI PENERAPAN KEGIATAN MEMBATIK MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK (EKSPERIMEN DI KELOMPOK B DI TK YAROHIS SIMBANG WETAN BUARAN PEKALONGAN)


Nurul Fahma Maulida , 1601412009 (2016) KARAKTER CINTA TANAH AIR PADA ANAK USIA DINI DITINJAU DARI PENERAPAN KEGIATAN MEMBATIK MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK (EKSPERIMEN DI KELOMPOK B DI TK YAROHIS SIMBANG WETAN BUARAN PEKALONGAN). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601412009.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (390kB) | Preview

Abstract

Kegiatan membatik adalah kegiatan melukis pada mori dengan teknik menahan warna dengan lilin malam secara berulang-ulang. Pekalongan merupakan kota yang terkenal dengan dengan sebutan kota batik terutama di daerah kecamatan Buaran Pekalongan, akan tetapi pelajaran membatik merupakan aktivitas menggambar yang masih jarang dilakukan di TK. Hal itu dikarenakan penyediaan alat dan bahan yang belum optimal. Penggunaan pewarna batik untuk anak sangat berbahaya, zat kimia yang terdapat di pewarna batik tidak diperuntukkan bagi anak-anak. Banyak orang yang beranggapan bahwa kegiatan membatik tidak bisa dilakukan untuk anak usia TK yaitu usia 5-6 tahun, padahal kegiatan membatik bisa dilakukan pada anak, tentunya dengan pendampingan.Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan karakter cinta tanah air pada anak usia dini di TK B Yarohis Simbang wetan Buaran Pekalongan. Metode yang digunakan dalam pembelajaran ini yaitu dengan pendekatan saintifik yang meliputi mengamati, menanya, menalar, mengumpulkan informasi dan mengkomunikasikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat karakter cinta tanah air yang ditinjau dari kegiatan membatik melalui pendekatan saintifik Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design.Preeksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa TK B Yarohis Simbang wetan Buaran Pekalongan. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan Skala likert.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling.Sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa. Uji Hipotesis diperoleh bahwa berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan, diperoleh data uji t-test melalui uji perbedaan Paired Sample t-Test pada program SPSS nilai t adalah -34,918 nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0,00. Hipotesis diterima jika nilai signifikasi < α yaitu 0,05. Pada perhitungan penelitian ini diperoleh nilai signifikasi < α yaitu 0,00< 0,05 sehingga Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan membatik dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan karakter cinta tanah air di TK Yarohis Simbang Wetan Buaran Pekalongan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karakter cinta tanah air, Kegiatan membatik melalui pendekatan saintifik, Anak usia Dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > L Education (General)
L Education > Special Education > Non-formal education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2017 18:39
Last Modified: 19 Dec 2017 18:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28561

Actions (login required)

View Item View Item