PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN METODE VIDEO CRITIC MELALUI MEDIA VIDEO PHOTO ESSAY PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 19 SEMARANG


Muhammad Jefri Pradewa , 2101411094 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN METODE VIDEO CRITIC MELALUI MEDIA VIDEO PHOTO ESSAY PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 19 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411094.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (316kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan siswa dan guru bahasa Indonesia di SMP N 19 Semarang, diketahui bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis puisi. Selain itu, hasil prasiklus siswa kelas VII E juga menunjukkan nilai rata-rata sebesar 66,75. Nilai rata-rata tersebut belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu sebesar 75. Dalam pembelajaran menulis puisi di kelas VII E, permasalahan yang dialami siswa antara lain siswa masih kesulitan dalam menemukan ide dan diksi yang akan ditulis menjadi susunan baris dan bait serta perilaku dan ketertarikan siswa dengan pembelajaran menulis puisi yang kurang. Hal ini dikarenakan kurangnya inspirasi dan stimulus yang diberikan oleh guru terhadap siswa, sehingga siswa merasa menulis puisi merupakan hal yang sulit. Untuk mengatasi rendahnya keterampilan siswa dalam menulis puisi, peneliti memberikan solusi dengan menggunakan metode video critic dan media video photo essay. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana proses pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan metode video critic melalui media video photo essay pada siswa kelas VII E SMP Negeri 19 Semarang; (2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis puisi dengan metode video critic melalui media video photo essay pada siswa kelas VII E SMP Negeri 19 Semarang; dan (3) bagaimana perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan metode video critic melalui media video photo essay pada siswa kelas VII E SMP Negeri 19 Semarang. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan metode video critic melalui media video photo essay pada siswa kelas VII E SMP Negeri 19 Semarang; (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi dengan metode video critic melalui media video photo essay pada siswa kelas VII E SMP Negeri 19 Semarang; dan (3) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan metode video critic melalui media video photo essay pada siswa kelas VII E SMP Negeri 19 Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri atas dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi siswa kelas VII E SMP Negeri 19 Semarang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 19 Semarang dengan jumlah 32 siswa yang terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu variabel keterampilan menulis puisi dan variabel penggunaan metode video critic melalui media video photo essay. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes dilaksanakan dalam bentuk tes unjuk kerja, sedangkan teknik nontes diterapkan melalui observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa proses pembelajaran menulis puisi dengan metode video critic melalui media video photo essay dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dengan skor rata-rata yang semula 57,29% menjadi 86,46%. Nilai rata-rata kelas hasil tes keterampilan menulis puisi yang dicapai siswa kelas VII E SMP Negeri 19 Semarang pada siklus II juga mengalami peningkatan. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa sebesar 73,97 dan mengalami peningkatan sebesar 10,74 menjadi menjadi 84,71 dan berkategori baik. Perilaku siswa mengalami peningkatan menjadi lebih baik dengan persentase rata-rata sebesar 79,10%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti memberi saran kepada guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dalam membelajarkan siswa tentang keterampilan menulis puisi hendaknya menerapkan metode dan media pembelajaran yang tepat agar siswa lebih antusias, merasa senang, dan termotivasi untuk belajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode video critic dan media video photo essay dapat digunakan guru sebagai tindakan alternatif dalam pembelajaran menulis puisi. Metode video critic dan media video photo essay merupakan metode dan media yang membutuhkan sarana penunjang pembelajaran yang mendukung seperti komputer dan LCD projector. Oleh karena itu, apabila akan menggunakan metode dan video tersebut sebaiknya didukung dengan sarana penunjang pembelajaran yang telah disebutkan. Para peneliti di bidang pendidikan dapat melakukan penelitian lanjutan mengenai penerapan berbagai pendekatan, strategi, model, metode dan media yang tepat untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi sehingga menambah alternatif tindakan lain dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis puisi, metode video critic, media video photo essay
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2017 18:26
Last Modified: 19 Dec 2017 18:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28560

Actions (login required)

View Item View Item