PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MODEL VAK (VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK) MELALUI MEDIA FLASH PADA SISWA KELAS VII D MTS N 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015


Agus Mulyono , 2101411091 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MODEL VAK (VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK) MELALUI MEDIA FLASH PADA SISWA KELAS VII D MTS N 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411091.pdf]
Preview
PDF
Download (293kB) | Preview
[thumbnail of 2101411091.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (293kB) | Preview

Abstract

Salah satu keterampilan berbahasa dalam kurikulum 2013 yaitu menulis teks deskripsi. Keterampilan menulis teks deskripsi merupakan keterampilan berbahasa dengan bahasa yang baik dan benar. Keterampilan menulis teks deskripsi tidak dimiliki pada diri siswa secara otomatis, namun perlu adanya latihan dan motivasi untuk membangkitkan semangat pada diri masing-masing siswa. Mengenai upaya meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi, siswa perlu dilatih dan diberi motivasi dengan baik melalui peran guru dalam menyampaikan materi saat pembelajaran berlangsung, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran dan media yang inovatif supaya siswa tidak malas dalam pembelajaran menulis teks deskripsi dan siswa juga supaya termotivasi supaya tidak jenuh saat pembelajaran berlagsung. Berdasarkan kondisi siswa yang telah dijelaskan, maka muncul permasalahan yang penting untuk diteliti, yaitu (1) bagaimana proses pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi setelah dilakukan menggunakan model VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) melalui media flash?; (2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi setelah dilakukan menggunakan model VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) melalui media flash?; (3) bagaimana perubahan perilaku siswa selama mengikuti pembelajaran menulis tesk deskripsi menggunakan model VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) melalui media flash? Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas ( classroom action research) dengan menggunakan model VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) melalui media flash sebagai upaya peningkatan kemempuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII D di MTs N 2 Semarang. Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel keterampilan menulis teks deskripsi dan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi dengan model visual, auditori, kinestetik melalui media flash. Bentu instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu instrumen tes dan instrumen non tes. Instrumen tes berupa tes keterampilan menulis pada siswa, sedangkan instrumen non tes berupa observasi, jurnal, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Diketahui dari hasil penelitian menunjukkan rata-rata peningkatan proses pembelajaran dari prasiklus ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran mulai dari prasiklus sampai siklus II selalu ada peningkatan. Hal ini diketahui dari hasil presentase ketercapaian KKM pada siswa dalam menulis teks deskripsi prasiklus sebesar 5,88%, hasil tersebut masih sangat kurang dari target ketuntasan yang ditentukan, yaitu sebesar 75%. Hasil presentase pada siklus I sebesar 61,76%, hasil tersebut juga masih kurang dari target yang telah ditentukan. Hasil presentase pada siklus II sebesar 91,17%, hasil tersebut sudah mencapai batar ketuntasan yang ditentukan. Hasil pada perilaku siswa mulai dari prasiklus, siklus I, dan siklus II juga mengalami peningkatan yang lebih baik pada setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks deskrips menggunakan model visual, auditori, kinestetik melalui media flash dapat membantu masalah yang dialami siswa di kelas tersebut. Oleh karena itu, model pembelajaran visual, auditori, kinestetik serta media flash yang digunakan sangat cocok bagi guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk menerapkannya dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menulis teks deskripsi, model VAK (Visual, Auditori, Kinestetik), media flash, sikap sosial.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2017 18:15
Last Modified: 19 Dec 2017 18:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28558

Actions (login required)

View Item View Item