MAKE A MATCH : PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PENGENALAN BAHASA INGGRIS ANAK KELOMPOK B DI PLAY GROUP & KINDERGARTEN PELITA NUSANTARA


Zuhro Firdausia , 1601412002 (2016) MAKE A MATCH : PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PENGENALAN BAHASA INGGRIS ANAK KELOMPOK B DI PLAY GROUP & KINDERGARTEN PELITA NUSANTARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601412002.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (282kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini di Indonesia masih menuai pro dan kontra. Namun, sah-sah saja jika bahasa Inggris mulai dikenalkan sejak usia dini, asalkan dilakukan dengan metode yang menyenangkan dan tidak terlalu menuntut anak agar mahir berbahasa Inggris. Play Group & Kindergarten Pelita Nusantara merupakan salah satu lembaga yang mempunyai program pengenalan bahasa Inggris untuk anak usia dini. Metode yang digunakan salah satunya yaitu pembelajaran kooperatif tipe make a match. Make a match merupkan salah satu metode yang menyenangkan karena anak dapat bermain sambil belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diukur dengan menggunakan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pengenalan bahasa Inggris kelompok B di Play Group & Kindergarten Pelita Nusantara yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan dilakukan dengan pembuatan daily lesson plan. Guru mengembangkan dua keterampilan yaitu listening dan speaking dalam pembelajaran kooperatif tipe make a match. Guru mengembangkan keterampilan listening dengan cara anak mencari teman yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya melalui suara. Kelompok kartu bahasa Inggris menyebutkan kata pada kartunya dan anak dengan kartu bahasa Indonesia menghampiri. Guru mengembangkan keterampilan speaking dengan cara setelah anak menemukan teman dengan kartu yang cocok dengan kartunya, secara berpasangan maju ke depan dan menyebutkan kata pada kartunya. Guru melakukan evaluasi dengan bentuk deskripsi, jadi guru mendeskripsikan setiap perkembangan anak dan diberikan kepada orang tua wali setiap minggunya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif tipe make a match, pengenalan bahasa Inggris, anak usia dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > L Education (General)
L Education > Special Education > Non-formal education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2017 17:43
Last Modified: 19 Dec 2017 18:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28554

Actions (login required)

View Item View Item