PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMPRODUKSI TEKS PROSEDURKOMPLEKS SECARA TERTULIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MEDIA FLASH PADA SISWA KELAS X M IA-7 SMA NEGERI 1 PATI


Galih Kartika Sinta Dewi , 2101411068 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMPRODUKSI TEKS PROSEDURKOMPLEKS SECARA TERTULIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MEDIA FLASH PADA SISWA KELAS X M IA-7 SMA NEGERI 1 PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411068.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (387kB) | Preview

Abstract

Inti pelaksanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar siswa dapat memproduksi dan menggunakan teks sesuai dengan tujuan dan fungsi sosialnya. Dalam upaya meningkatkan keterampilan memproduksi teks prosedur kompleks secara tertulis, mereka perlu dilatih sebaikbaiknya melalui peningkatan peran guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan dan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif agar siswa termotivasi dalam pembelajaran memproduksi teks secara tertulis. Berdasarkan kondisi tersebut muncul permasalahan yang penting diteliti, yaitu (1) bagaimana proses pembelajaran keterampilan memproduksi teks prosedur kompleks secara tertulis menggunakan pendekatan scientific dengan media flash?, (2) bagaimana perubahan sikap spiritual kelas X MIA 7 SMA Negeri 1 Pati dalam mengikuti pembelajaran memproduksi teks prosedur kompleks secara tertulis menggunakan pendekatan scientific dengan media flash?, (3) bagaimana perubahan sikap sosial siswa kelas X MIA 7 SMA Negeri 1 Pati dalam mengikuti pembelajaran memproduksi teks prosedur kompleks secara tertulis menggunakan pendekatan scientific dengan media flash?, (4) bagaimana peningkatan keterampilan memproduksi teks prosedur kompleks secara tertulis siswa kelas X SMA Negeri 1 Pati setelah mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan scientific dengan media flash? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan scientific dan media flash sebagai upaya peningkatan keterampilan memproduksi teks prosedur kompleks secara tertulis pada siswa kelas X MIA 7 SMA Negeri 1 Pati. Variabel penelitian ini yaitu variabel keterampilan memproduksi teks prosedur kompleks secara tertulis dan variabel pelaksanaan pembelajaran keterampilan memproduksi teks prosedur kompleks secara tertulis menggunakan pendekatan scientific dengan media flash. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan instrumen nontes. Instrumen tes berupa tes keterampilan, sedangkan instrumen nontes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan rata-rata peningkatan persentase ketuntasan pengamatan proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada siklus I yang masih terlihat adanya kendala dalam penyusunan kerangka sudah tidak terlihat lagi pada proses pembelajaran siklus II. Persentase ketercapaian KKM siswa dalam memproduksi teks prosedur kompleks secara tertulis pada siklus I mencapai 63,89%. Hal ini masih kurang dari batas ketuntasan minimal yang ditentukan, yaitu sebesar 75%. Pada siklus II persentase ketercapaian KKM mencapai 100% dan sudah mencapai batas ketuntasan yang ditentukan. Selain itu, perilaku siswa dan tanggapan siswa setelah tindakan siklus I dan siklus II juga mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dan positif.Peningkatan hasil tes keterampilan memproduksi teks prosedur kompleks secara tertulis juga diikuti dengan adanya perubahan sikap siswa. Perubahan sikap spiritual dan sikap sosial juga menunjukkan adanya perubahan ke arah positif. Pada penelitian siklus II sudah tampak seluruh siswa serius mengikuti proses pembelajaran memproduksi teks prosedur kompleks secara tertulis. Berdasarkan hasil pengamatan pada siklus II ketercapaian klasikal sebesar 100% untuk semua aspek pengamatan sikap spiritual dan sikap sosial. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyampaikan saran kepada guru mata pelajaran bahasa Indonesia hendaknya menggunakan pendekatan dan media pembelajaran yang bervariasi dalam pembelajaran memproduksi teks prosedur kompleks, salah satunya dengan menggunakan pendekatan scientific dan media flash yang terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam memproduksi teks prosedur kompleks secara tertulis. Penggunaan media flash dan pendekatan scientific memudahkan siswa dalam kompetensi memproduksi teks prosedur kompleks, karena dapat membantu siswa menuangkan ide dan gagasannya ke dalam teks prosedur kompleks berdasarkan media flash dengan pilihan kata dan kalimat yang efektif serta dapat meningkatkan sikap spiritual dan sikap sosial siswa ke arah yang lebih positif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: memproduksi teks prosedur kompleks, pendekatan scientific, media flash, sikap spiritual, sikap sosial.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2017 17:08
Last Modified: 19 Dec 2017 17:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28552

Actions (login required)

View Item View Item