PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI DENGAN METODE PETA KONSEP BERBANTUAN MEDIA VIDEO PERISTIWA ALAM BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII C SMP NEGERI 1 TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN
Murniasih , 2101411064 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI DENGAN METODE PETA KONSEP BERBANTUAN MEDIA VIDEO PERISTIWA ALAM BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII C SMP NEGERI 1 TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (422kB) | Preview |
Abstract
Media Video Peristiwa Alam, Metode Peta Konsep, Teks Eksplanasi. Kompetensi menyusun teks eksplanasi menghendaki peserta didik untuk menyusun teks eksplanasi secara padu dan logis. Pembelajaran menyusun teks eksplanasi harus dilaksanakan dengan metode dan media pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran di kelas. Kesulitan yang dialami peserta didik pada saat menyusun teks eksplanasi adalah pada aspek pemilihan tema, penyusunan kerangka karangan sesuai struktur teks eksplanasi, dan penentuan kaidah kebahasaan. Oleh karena itu, diperlukan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi sehingga dapat mengoptimalkan kemampuan peserta didik. Kesulitan- kesulitan menyusun teks eksplanasi tersebut diharapkan dapat dikurangi dengan pembelajaran menggunakan metode peta konsep dan media video peristiwa alam. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi proses pembelajaran, sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan menyusun teks eksplanasi dengan metode peta konsep berbantuan media video peristiwa alam bagi peserta didik kelas VII C SMP Negeri I Taangharjo Kabupaten Grobogan. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran, sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan menyusun teks eksplanasi dengan metode peta konsep berbantuan media video peristiwa alam bagi peserta didik kelas VII C SMP Negeri I Tawangharjo Kabupaten Grobogan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode peta konsep berbantuan media video peristiwa alam sebagai upaya peningkatan keterampilan menyusun teks eksplanasi bagi peserta didik kelas VII C SMP Negeri I Tawangharjo Kabupaten Grobogan. Variabel penelitian ini yaitu variabel keterampilan menyusun teks eksplanasi secara tertulis maupun variabel metode peta konsep berbantuan media video peristiwa alam. Penelitian terdiri atas dua siklus, setiap siklus memiliki empat langkah meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan instrumen nontes. Instrumen tes berupa tes pengetahuan dan keterampilan, sedangkan instrumen nontes berupa observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata peningkatan persentase ketuntasan pengamatan proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada siklus I yang masih terlihat adanya kendala dalam penyusunan teks eksplanasi, sudah tidak terlihat lagi pada proses pembelajaran siklus II. Sikap spiritual peserta didik setelah mengikuti pembelajaran mnyusun teks eksplanasi dengan metode peta konsep berbantuan media video peristiwa alam mengalami perubahan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data, pada siklus I nilai rerata 3,7 dan pada siklus II naik 1,0 menjadi 3,8. Sikap sosial pada pembelajaran menyusun teks eksplanasi mengalami perubahan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data, pada siklus I nilai rerata 2,7. Pada siklus II meningkat 0,56 menjadi 3,26. Hasil tes pengetahuan memahami teks eksplanasi pada siklus I diperoleh nilai rerata 2,97 mengalami peningkatan 0,93 atau 41,18%menjadi 3,9 pada siklus II. Hasil tes keterampilan menyusun teks eksplanasi pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 2,97 mengalami peningkatan 0,23 atau 26,5% menjadi 3,2 pada siklus 2. Saran yang diberikan peneliti bagi guru bahasa Indonesia ialah penerapan metode peta konsep berbantuan media video peristiwa alam sebagai alternatif pembelajaran sehingga mengoptimalkan proses pembelajaran, perubahan sikap spiritual dan sikap sosial ke arah yang lebih baik. Selain itu peningkatan pengetahuan dan keterampilan menyusun teks eksplanasi. Bagi peneliti lain yang hendak melakukan penelitian tentang menyusun teks eksplanasi, disarankan menggunakan metode dan media yang lebih bervariatif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Video Peristiwa Alam, Metode Peta Konsep, Teks Eksplanasi. Kompetensi menyusun teks eksplanasi menghendaki peserta didik untuk menyusun teks eksplanasi secara padu dan logis. Pembelajaran menyusun teks eksplanasi harus dilaksanakan dengan metode dan media pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran di kelas. Kesulitan yang dialami peserta didik pada saat menyusun teks eksplanasi adalah pada aspek pemilihan tema, penyusunan kerangka karangan sesuai struktur teks eksplanasi, dan penentuan kaidah kebahasaan. Oleh karena itu, diperlukan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi sehingga dapat mengoptimalkan kemampuan peserta didik. Kesulitan- kesulitan menyusun teks eksplanasi tersebut diharapkan dapat dikurangi dengan pembelajaran menggunakan metode peta konsep dan media video peristiwa alam. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi proses pembelajaran, sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan menyusun teks eksplanasi dengan metode peta konsep berbantuan media video peristiwa alam bagi peserta didik kelas VII C SMP Negeri I Taangharjo Kabupaten Grobogan. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran, sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan menyusun teks eksplanasi dengan metode peta konsep berbantuan media video peristiwa alam bagi peserta didik kelas VII C SMP Negeri I Tawangharjo Kabupaten Grobogan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode peta konsep berbantuan media video peristiwa alam sebagai upaya peningkatan keterampilan menyusun teks eksplanasi bagi peserta didik kelas VII C SMP Negeri I Tawangharjo Kabupaten Grobogan. Variabel penelitian ini yaitu variabel keterampilan menyusun teks eksplanasi secara tertulis maupun variabel metode peta konsep berbantuan media video peristiwa alam. Penelitian terdiri atas dua siklus, setiap siklus memiliki empat langkah meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan instrumen nontes. Instrumen tes berupa tes pengetahuan dan keterampilan, sedangkan instrumen nontes berupa observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata peningkatan persentase ketuntasan pengamatan proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada siklus I yang masih terlihat adanya kendala dalam penyusunan teks eksplanasi, sudah tidak terlihat lagi pada proses pembelajaran siklus II. Sikap spiritual peserta didik setelah mengikuti pembelajaran mnyusun teks eksplanasi dengan metode peta konsep berbantuan media video peristiwa alam mengalami perubahan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data, pada siklus I nilai rerata 3,7 dan pada siklus II naik 1,0 menjadi 3,8. Sikap sosial pada pembelajaran menyusun teks eksplanasi mengalami perubahan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data, pada siklus I nilai rerata 2,7. Pada siklus II meningkat 0,56 menjadi 3,26. Hasil tes pengetahuan memahami teks eksplanasi pada siklus I diperoleh nilai rerata 2,97 mengalami peningkatan 0,93 atau 41,18%menjadi 3,9 pada siklus II. Hasil tes keterampilan menyusun teks eksplanasi pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 2,97 mengalami peningkatan 0,23 atau 26,5% menjadi 3,2 pada siklus 2. Saran yang diberikan peneliti bagi guru bahasa Indonesia ialah penerapan metode peta konsep berbantuan media video peristiwa alam sebagai alternatif pembelajaran sehingga mengoptimalkan proses pembelajaran, perubahan sikap spiritual dan sikap sosial ke arah yang lebih baik. Selain itu peningkatan pengetahuan dan keterampilan menyusun teks eksplanasi. Bagi peneliti lain yang hendak melakukan penelitian tentang menyusun teks eksplanasi, disarankan menggunakan metode dan media yang lebih bervariatif. |
Subjects: | L Education > Special Education > Language and literature education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 19 Dec 2017 16:59 |
Last Modified: | 19 Dec 2017 16:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28551 |
Actions (login required)
View Item |