PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK PETA PASANG KATA MELALUI MEDIA GAMBAR PERISTIWA DAN GAMBAR BALON KATA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII-C SMP NEGERI 11 MAGELANG
Nailul Mafaazah , 2101411061 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK PETA PASANG KATA MELALUI MEDIA GAMBAR PERISTIWA DAN GAMBAR BALON KATA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII-C SMP NEGERI 11 MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kompetensi menulis puisi termasuk salah satu kompetensi bersastra yang harus dicapai peserta didik SMP. Keterampilan menulis puisi peserta didik SMP Negeri 11 Magelang kelas VIII-C dinyatakan belum mencapai nilai maksimal, diperoleh informasi dan data bahwa pembelajaran menulis puisi belum dicapai secara maksimal oleh peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian indikator pembelajaran yang telah dirumuskan oleh guru belum semuannya dapat tercapai dengan baik. Indikator dalam menulis puisi antara lain (1) peserta didik mengetahui unsur dan langkah-langkah menulis puisi, (2) peserta didik mampu menulis puisi dengan pilihan diksi yang tepat, (3) peserta didik mampu menyunting puisi milik teman sebaya. Hal ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih menggunakan metode klasikal yaitu metode ceramah sehingga terkesan menjenuhkan, kurangnya penggunaan pendekatan, teknik, dan media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik, dan kurangnya motivasi peserta didik dalam menulis puisi karena adanya anggapan peserta didik mengenai pembelajaran menulis puisi yang sulit dan membosakan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi terutama puisi peserta didik kelas VIII-C SMP Negeri 11 Magelang dapat menggunakan teknik peta pasang kata melalui media gambar peristiwa dan media gambar balon kata. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah proses pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan teknik peta pasang kata melalui media gambar peristiwa dan gambar balon kata untuk peserta didik kelas VIII-C SMP Negeri 11 Magelang; (2) bagaimanakah hasil peningkatan keterampilan menulis puisi dengan teknik peta pasang kata melalui media gambar peristiwa dan gambar balon kata pada peserta didik kelas VIII-C SMP Negeri 11 Magelang; (3) bagaimanakah perubahan perilaku belajar peserta didik kelas VIII-C SMP Negeri 11 Magelang setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan teknik peta pasang kata melalui media gambar peristiwa dan balon kata. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menulis puisi melalui teknik peta pasang kata dengan media gambar peristiwa dan gambar balon kata untuk peserta didik kelas VIII-C SMP 11 Magelang; (2) mengetahui hasil peningkatan keterampilan menulis puisi peserta didik kelas VIII-C SMP Negeri 11 Magelang dengan teknik peta pasang kata melalui media gambar peristiwa dan gambar balon kata; (3) mendeskripsikan perubahan perilaku belajar peserta didik kelas VIII-C SMP Negeri 11 Magelang setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan teknik peta pasang kata melalui media gambar peristiwa dan gambar balon kata. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi peserta didik kelas VIII-C SMP Negeri 11 Magelang. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu keterampilan menulis puisi dan penggunaan teknik peta pasang kata dengan media gambar peristiwa dan gambar balon kata. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes keterampilan menulis puisi peserta didik. Hasil nontes berupa hasil observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik pengambilan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik kuantitatif untuk hasil tes menulis puisi dan hasil nontes menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan teknik peta pasang kata melalui media gambar peristiwa dan gambar balon kata pada peserta didik kelas VIII-C SMP Negeri 11 Magelang. Nilai rata-rata kelas pada siklus I mencapai 72,86 atau dalam kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80,26 atau dalam kategori baik. Pada siklus I dan siklus II meningkat 7,4 atau sebesar 10,15%. Peningkatan keterampilan menulis puisi ini juga diikuti dengan perubahan perilaku peserta didik dari perilaku negatif ke perilaku positif. Pada siklus II kondisi kelas sudah dapat dikendalikan dan lebih kondusif, peserta didik yang kurang termotivasi lebih bersemangat dalam pembelajaran menulis puisi pada siklus II dan tampak serius, aktif, mandiri, percaya diri, serta antusias mengikuti pembelajaran menulis puisi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis puisi menggunakanteknik peta pasang kata melalui media gambar peristiwa dan gambar balon kata telah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik kelas VIII-C SMP Negeri 11 Magelang dan mengubah perilaku peserta didik ke arah positif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis puisi, teknik peta pasang kata, media gambar peristiwa dan gambar balon kata. |
Subjects: | L Education > Special Education > Language and literature education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 19 Dec 2017 16:52 |
Last Modified: | 19 Dec 2017 16:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28550 |
Actions (login required)
View Item |