PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMPRODUKSI TEKS ANEKDOT BERMUATAN NILAI-NILAI PEDULI SOSIAL DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI SISWA KELAS X


Apit Meilani , 2101411057 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMPRODUKSI TEKS ANEKDOT BERMUATAN NILAI-NILAI PEDULI SOSIAL DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI SISWA KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411057.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

bahan ajar, memproduksi teks anekdot, nilai-nilai peduli sosial, dan pendekatan saintifik. Seiring dengan diberlakukannya Kurikulum 2013, pembelajaran memproduksi teks anekdot membutuhkan bahan ajar. Pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter, khusunya nilai peduli sosial dan pendekatan saintifik perlu dilakukan di segala komponen pembelajaran, termasuk di dalam bahan ajar memproduksi teks anekdot di kelas X. Setelah mempelajari bahan ajar teks anekdot di dalam buku-buku yang sudah ada, ditemukan fakta bahwa buku-buku tersebut masih belum sesuai harapan, baik dari aspek isi, penyajian, bahasa dan keterbacaan, serta aspek grafika. Relevan dengan situasi tersebut, diperlukan bahan ajar yang lebih baik dan sesuai bagi siswa Kelas X. Bahan ajar memproduksi teks anekdot bermuatan nilai-nilai peduli sosial dengan pendekatan saintifik bagi siswa kelas X merupakan “jawaban” atas permasalahan tersebut. Rumusan masalah dan atau tujuan dalam penelitian ini meliputi (1) kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar memproduksi teks anekdot bermuatan nilai-nilai peduli sosial dengan pendekatan saintifik bagi siswa kelas X, (2) prototipe bahan ajar memproduksi teks anekdot bermuatan nilai-nilai peduli sosial dengan pendekatan saintifik bagi siswa kelas X yang sesuai dengan persepsi siswa dan guru serta materi pelajaran dalam kurikulum, (3) penilaian guru dan ahli serta tanggapan siswa terhadap prototipe bahan ajar memproduksi teks anekdot bermuatan nilai-nilai peduli sosial dengan pendekatan saintifik bagi siswa kelas X, dan (4) perbaikan prototipe bahan ajar memproduksi teks anekdot bermuatan nilai-nilai peduli sosial dengan pendekatan saintifik bagi siswa kelas X berdasarkan penilaian guru dan ahli serta tanggapan siswa. Dalam mengembangkan bahan ajar memproduksi teks anekdot bermuatan nilai-nilai peduli sosial dengan pendekatan saintifik bagi siswa kelas X, langkah-langkah penelitian reseach and development (R&D) direduksi hanya sampai pada proses revisi desain. Tahapan penelitian ini terdiri atas (1) tahap potensi dan masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, dan (5) tahap revisi desain. Subjek penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar memproduksi teks anekdot bermuatan nilai-nilai peduli sosial dengan pendekatan saintifik bagi siswa kelas X. Sumber data yang digunakan adalah siswa, guru, dan ahli. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar memproduksi teks anekdot, sedangkan variabel terikatnya adalah nilai-nilai peduli sosial dengan pendekatan saintifik bagi siswa kelas X. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen nontes berupa wawancara, dokumentasi, instrumen pengukuran skala likert, angket kebutuhan, angket uji validasi, dan angket tanggapan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui pemaparan data dan verifikasi atau simpulan data. Setelah melakukan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) bahan ajar memproduksi teks anekdot yang dibutuhkan oleh siswa dan guru adalah bahan ajar memproduksi teks anekdot yang terintegrasi nilai-nilai peduli sosial dengan pendekatan saintifik dan tersusun oleh materi, contoh, ulasan nilai peduli sosial, latihan, rangkuman, refleksi diri, dan evaluasi; (2) bahan ajar dicetak pada kertas B5 80 gram, terdiri atas teori tentang hakikat teks anekdot, contoh teks anekdot, ulasan nilai-nilai peduli sosial, kolom inspirasi, kolom informasi, latihan, rangkuman, refleksi diri, uji kompetensi, dan evaluasi akhir, serta tiap-tiap subbab disajikan dengan tahapan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengomunikasikan; (3) penilaian guru dan ahli pada aspek isi diperoleh nilai 76,84 dengan kategori baik, pada aspek penyajian diperoleh nilai 79,01 dengan kategori baik, pada aspek bahasa dan keterbacaan diperoleh nilai 75,39 dengan kategori baik, dan pada aspek grafika diperoleh nilai 77,28 dengan kategori baik; serta (4) perbaikan yang dilakukan meliputi pengurangan kalimat pada pengembangan kerangka berdasarkan struktur teks anekdot, penegasan ulasan nilai-nilai peduli sosial, perbaikan tata tulis, perbaikan ukuran ilustrasi, perbaikan penyajian daftar isi, perbaikan simbol ilustrasi kegiatan mengamati dan menanya, dan perbaikan pada tampilan sampul. Saran yang direkomendasikan meliputi (1) para guru dan orang tua hendaknya memilih bahan ajar yang memiliki muatan nilai-nilai peduli sosial sebagai bahan bacaan siswa/anak, (2) para ahli sastra hendaknya mengkaji lebih dalam mengenai teks anekdot untuk menghasilkan teori yang lebih lengkap dan tepat (3) para pemerhati pendidikan hendaknya dapat mengadakan pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan teks yang dibelajarkan di Kurikulum 2013 dengan tetap memerhatikan pembaca sasaran, serta (4) perlu diadakan penelitian lebih lanjut tentang perkembangan teks anekdot dari masa ke masa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, memproduksi teks anekdot, nilai-nilai peduli sosial, dan pendekatan saintifik. Seiring dengan diberlakukannya Kurikulum 2013, pembelajaran memproduksi teks anekdot membutuhkan bahan ajar. Pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter, khusunya nilai peduli sosial dan pendekatan saintifik perlu dilakukan di segala komponen pembelajaran, termasuk di dalam bahan ajar memproduksi teks anekdot di kelas X. Setelah mempelajari bahan ajar teks anekdot di dalam buku-buku yang sudah ada, ditemukan fakta bahwa buku-buku tersebut masih belum sesuai harapan, baik dari aspek isi, penyajian, bahasa dan keterbacaan, serta aspek grafika. Relevan dengan situasi tersebut, diperlukan bahan ajar yang lebih baik dan sesuai bagi siswa Kelas X. Bahan ajar memproduksi teks anekdot bermuatan nilai-nilai peduli sosial dengan pendekatan saintifik bagi siswa kelas X merupakan “jawaban” atas permasalahan tersebut. Rumusan masalah dan atau tujuan dalam penelitian ini meliputi (1) kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar memproduksi teks anekdot bermuatan nilai-nilai peduli sosial dengan pendekatan saintifik bagi siswa kelas X, (2) prototipe bahan ajar memproduksi teks anekdot bermuatan nilai-nilai peduli sosial dengan pendekatan saintifik bagi siswa kelas X yang sesuai dengan persepsi siswa dan guru serta materi pelajaran dalam kurikulum, (3) penilaian guru dan ahli serta tanggapan siswa terhadap prototipe bahan ajar memproduksi teks anekdot bermuatan nilai-nilai peduli sosial dengan pendekatan saintifik bagi siswa kelas X, dan (4) perbaikan prototipe bahan ajar memproduksi teks anekdot bermuatan nilai-nilai peduli sosial dengan pendekatan saintifik bagi siswa kelas X berdasarkan penilaian guru dan ahli serta tanggapan siswa. Dalam mengembangkan bahan ajar memproduksi teks anekdot bermuatan nilai-nilai peduli sosial dengan pendekatan saintifik bagi siswa kelas X, langkah-langkah penelitian reseach and development (R&D) direduksi hanya sampai pada proses revisi desain. Tahapan penelitian ini terdiri atas (1) tahap potensi dan masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, dan (5) tahap revisi desain. Subjek penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar memproduksi teks anekdot bermuatan nilai-nilai peduli sosial dengan pendekatan saintifik bagi siswa kelas X. Sumber data yang digunakan adalah siswa, guru, dan ahli. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar memproduksi teks anekdot, sedangkan variabel terikatnya adalah nilai-nilai peduli sosial dengan pendekatan saintifik bagi siswa kelas X. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen nontes berupa wawancara, dokumentasi, instrumen pengukuran skala likert, angket kebutuhan, angket uji validasi, dan angket tanggapan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui pemaparan data dan verifikasi atau simpulan data. Setelah melakukan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) bahan ajar memproduksi teks anekdot yang dibutuhkan oleh siswa dan guru adalah bahan ajar memproduksi teks anekdot yang terintegrasi nilai-nilai peduli sosial dengan pendekatan saintifik dan tersusun oleh materi, contoh, ulasan nilai peduli sosial, latihan, rangkuman, refleksi diri, dan evaluasi; (2) bahan ajar dicetak pada kertas B5 80 gram, terdiri atas teori tentang hakikat teks anekdot, contoh teks anekdot, ulasan nilai-nilai peduli sosial, kolom inspirasi, kolom informasi, latihan, rangkuman, refleksi diri, uji kompetensi, dan evaluasi akhir, serta tiap-tiap subbab disajikan dengan tahapan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengomunikasikan; (3) penilaian guru dan ahli pada aspek isi diperoleh nilai 76,84 dengan kategori baik, pada aspek penyajian diperoleh nilai 79,01 dengan kategori baik, pada aspek bahasa dan keterbacaan diperoleh nilai 75,39 dengan kategori baik, dan pada aspek grafika diperoleh nilai 77,28 dengan kategori baik; serta (4) perbaikan yang dilakukan meliputi pengurangan kalimat pada pengembangan kerangka berdasarkan struktur teks anekdot, penegasan ulasan nilai-nilai peduli sosial, perbaikan tata tulis, perbaikan ukuran ilustrasi, perbaikan penyajian daftar isi, perbaikan simbol ilustrasi kegiatan mengamati dan menanya, dan perbaikan pada tampilan sampul. Saran yang direkomendasikan meliputi (1) para guru dan orang tua hendaknya memilih bahan ajar yang memiliki muatan nilai-nilai peduli sosial sebagai bahan bacaan siswa/anak, (2) para ahli sastra hendaknya mengkaji lebih dalam mengenai teks anekdot untuk menghasilkan teori yang lebih lengkap dan tepat (3) para pemerhati pendidikan hendaknya dapat mengadakan pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan teks yang dibelajarkan di Kurikulum 2013 dengan tetap memerhatikan pembaca sasaran, serta (4) perlu diadakan penelitian lebih lanjut tentang perkembangan teks anekdot dari masa ke masa.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2017 16:45
Last Modified: 19 Dec 2017 16:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28549

Actions (login required)

View Item View Item