PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI YANG BERMUATAN PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCDAN MEDIA FLASHCARD PESERTA DIDIK KELAS VII C SMP NEGERI 1 BATANG
Sailirrohmah , 2101411056 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI YANG BERMUATAN PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCDAN MEDIA FLASHCARD PESERTA DIDIK KELAS VII C SMP NEGERI 1 BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (382kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal keterampilan menyusun teks eksplanasi kelas VII C SMP Negeri 1 Batang masih relatif rendah dan perlu ditingkatkan. Indikator penyebabnya antara lain, (1) kurangnya pengetahuan peserta didik mengenai penyebab terjadinya fenomena alam; 2) peserta didik mengalami kesulitan dalam menuangkan idenya terutama dalam mengawali kalimat pertamanya di dalam mengarang;(3) pemahaman peserta didik berkaitan dengan ejaan dan tanda baca yang belum maksimal masih menjadi faktor penghambat dalam menulis teks eksplanasi;(4) minat baca yang masih rendah sehingga tingkat penguasaan kosa kata dan diksiterbatas. Hal ini dikarenakan pemilihan model atau media pembelajaran yang kurang memacu peserta didik untuk merangsang berpikir kreatif saat menyusun teks eksplanasi. Peningkatan keterampilan menyusun teks eksplanasi dapat dilakukan dengan menggunakan model CIRC dan media flashcard. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah proses pembelajaran menyusun teks eksplanasi bermuatan pengetahuan alam menggunakan model pembelajaran CIRCdengan media flashcard pada peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Batang; (2) bagaimanakah peningkatan pengetahuan peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Batang dalam pembelajaran menyusun teks eksplanasi bermuatan pengetahuan alam menggunakan model pembelajaran CIRCdengan media flashcard; (3) bagaimanakah peningkatan keterampilan peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Batang dalam pembelajaran menyusun teks eksplanasi bermuatan pengetahuan alam menggunakan model pembelajaran CIRCdengan media flashcard; (4) bagaimanakah perubahan perilaku peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Batang dalam sikap religius setelah mengikuti pembelajaran menyusun teks eksplanasi bermuatan pengetahuan alam menggunakan model pembelajaran CIRCdengan media flashcard; dan (5) bagaimanakah perubahan perilaku peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Batang dalam sikap sosial setelah mengikuti pembelajaran menyusun teks eksplanasi bermuatan pengetahuan alam menggunakan model pembelajaran CIRCdengan media flashcard. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan batas ketuntasan minimal 75. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data berupa pedoman observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa (1) persentase ketuntasan hasi pengamatan proses pembelajaradari prasiklus 69,13% menjadi 84,54% atau meningkat 16%, (2) persentase peningkatan pengetahuan pada prasiklus sebesar 54,28% dengan nilai klasikal 70,43; pada siklus I ketuntasan sebesar 71,42%, dengan rerata klasikal 73,11, meningkat 17,14%. Dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 22,86% menjadi 94,28% dengan rerata klasikal 85,43. (3) persentase aspek keterampilan prasiklus rata-rata nilai mencapai 67,23 dengan atau 2,69, pada siklus I rata-rata nilai mencapai 71,60 atau 2,86 dan pada siklus II mencapai 81 atau 3,24. Peningkatan rata-rata nilai teks eksplanasi pada tahap prasiklus ke siklus I sebesar 0,17. Pada siklus I dan siklus II peningkatan rata-rata mencapai 0,38. Pada prasiklus persentase ketuntasan mencapai 34,28%, siklus I 65,71% dan siklus II 97,14% (4) peningkatan aspek sikap spiritual pada prasikus persentase ketuntasannya adalah 54,28%, pada siklus I 68,57%, mengalami peningkatan sebesar 14,29%. Pada siklus II menjadi 100%, meningkat 31,43%. (5) persentase ketuntasan sikap jujur dari prasiklus ke siklus I meningkat dari 45,71% menjadi 68,57%, siklus I ke siklus II meningkat menjadi 100%. Persentase ketuntasan sikap kreatif dari prasiklus ke siklus I meningkat dari 42,85% menjadi 68,57 %, siklus I ke siklus II meningkat menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model CIRC dan media flashcard telah terbukti dapat meningkatan pembelajaran menyusun teks eksplanasi. Dengan demikian, saran yang dapat dikemukakan, yaitu (1) guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia hendaknya berperan aktif sebagai inovator dan fasilitator untuk memilih model pembelajaran yang tepat sehingga pengalaman belajar yang diperoleh peserta didik lebih variatif, (2) model pembelajaran CIRC dapat dijadikan alternatif dalam keterampilan lainnya selain keterampilan menyusun teks eksplanasi. Model CIRC dapat membantu peserta didik dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran menyusun teks eksplanasi. Hal ini telah dibuktikan karena model CIRC dapat meningkatkan keterampilan menyusun teks eksplanasi peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Batang, (3) peneliti lain dapat menggunakan media audiovisual simulasi peristiwa alam untuk meningkatkan keterampilan menyusun teks eksplanasi peserta didik. (4) media audiovisual simulasi peristiwa alam dapat digunakan dalam membelajarkan teks eksplanasi untuk kategori kelas tinggi, sedangkan media flashcard dapat digunakan untuk kategori kelas rendah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menyusun teks eskplanasi bermuatan pengetahuan alam, model CIRC, media flashcard |
Subjects: | L Education > Special Education > Language and literature education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 19 Dec 2017 15:37 |
Last Modified: | 19 Dec 2017 15:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28548 |
Actions (login required)
View Item |