PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYUSUN TEKS EKSPOSISI BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)


Deby Oktaviani Pertiwi , 2101411053 (2016) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYUSUN TEKS EKSPOSISI BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411053.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (354kB) | Preview

Abstract

Materi pembelajaran menyusun teks eksposisi di sekolah masih belum menunjang kegiatan pembelajaran, sehingga masih perlu dikembangkan. Pengembangan materi dapat diwujudkan dalam buku pengayaan. Melalui buku pengayaan, pesertadidik diharapkan lebih dapat menguasai konsep menyusun teks eksposisi, mendapatkan wawasan tentang menyusun teks eksposisi serta mendapatkan lebih banyak contoh teks eksposisi. Buku pengayaan menyusun teks eksposisi diintegrasikan dengan kearifan lokal agar siswa lebih mengenal dan menjaga kearifan lokal serta dapat membentuk karakter peserta didik agar menjadi lebih baik. Permasalahan penelitian yang dirumuskan (1) bagaimana analisis kebutuhan buku pengayaan menyusun teks eksposisi berbasis kearifan lokal untuk guru dan peserta didik, (2) bagaiamana prototipe buku pengayaan menyusun teks eksposisi berbasis kearifan lokal untuk peserta didik SMP, dan (3) bagaimana penilaian dan saran perbaikan guru dan ahli terhadap prototipe buku pengayaan menyusun teks eksposisi berbasis kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang dilakukan dalam lima tahap, yaitu 1) survey pendahuluan; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi produk; 5) revisi dan perbaikan desain. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan wawancara untuk memperoleh data kebutuhan buku pengayaan menyusun teks eksposisi dan data hasil validasi. Sumber data diperoleh dari guru dan peserta didik. Sumber data yang berasal dari tiga sekolah SMP N 1 Ungaran, SMP N 2 Ambarawa, dan SMP N 1 Tengaran. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang terdiri atas pemaparan data dan simpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, hasil analisis kebutuhan guru dan peserta didik terhadap buku pengayaan menyusun teks eksposisi berbasis kearifan lokal menghasilkan karakteristik buku pengayaan dan harapan terhadap buku pengayaan menurut peserta didik dan guru. Peserta didik dan guru menghendaki buku pengayaan dengan penyajian materi yang menarik, bahasa yang mudah dipahami, desain grafika yang sesuai dengan perkembangan kejiwaan peserta didik SMP, dan terdapat nilai kearifan lokal yang dapat meningkatkan nilai kepribadian/ menerapkan nilai karakter yang baik pada peserta didik, kedua prototipe buku pengayaan menyusun teks eksposisi berbasis kearifan lokal untuk peserta didik memperoleh rata-rata nilai yang tergolong baik sebesar 85,00, pengembengan prototipe ini dikembangkan berdasarkan prinsip penyusunan buku pengayaan yang terdiri dari empat aspek aspek isi; aspek penyajian; aspek bahasa dan keterbacaan serta aspek grafika, ketiga perbaikan dan saran yang dilakukan dalam buku pengayaan meliputi: (a) perbaikan sampul; (b) perbaikan pola penyajian, (c) perbaikan teks, (d) perbaikan penambahan materi contoh dan (e) perbaikan penulisan kutipan. Saran yang direkomendasikan adalah (1) buku pengayaan ini dikemas dengan konsep materi pengetahuan teks eksposisi yang utuh dan disajikan beruntun serta memuat banyak contoh ragam teks ekpsosisi. Oleh karena itu, buku pengayaan menyusun teks eksposisi berbasis kearifan lokal untuk peserta didik SMP dapat digunakan sebagai buku penunjang pembelajaran menyusun teks eksposisi dan (2) Buku pengayaan menyusun teks eksposisi hendaknya dilakukan penelitian lebih lanjut untuk melakukan uji coba keefektifan prototipe buku pengayaan menyusun teks eksposisi berbasis kearifan lokal untuk peserta didik SMP dalam pembelajaran menyusun teks eksposisi di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, menyusun teks eksposisi, kearifan lokal
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2017 15:26
Last Modified: 19 Dec 2017 15:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28547

Actions (login required)

View Item View Item