EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN GALLERY WALK PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMP TEUKU UMAR SEMARANG


Putri Prihatiningrum, 4401411085 (2016) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN GALLERY WALK PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMP TEUKU UMAR SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN GALLERY WALK PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMP TEUKU UMAR SEMARANG]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN GALLERY WALK PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMP TEUKU UMAR SEMARANG) - Published Version
Download (392kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA pada kelas VII SMP Teuku Umar Semarang masih belum mengoptimalkan aktivitas siswa. Persentase siswa yang mencapai KKM pada materi klasifikasi makhluk hidup hanya berkisar antara 25-40%. Penerapan metode pembelajaran gallery walk diharapkan mampu mengatasi permasalahan hasil belajar dan aktivitas siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas metode pembelajaran gallery walk terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup di SMP Teuku Umar Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen menggunakan pola one shot case study. Populasi dalam penelitan adalah seluruh siswa kelas VII SMP Teuku Umar Semarang. Sampel terdiri atas dua kelas yaitu kelas VII.6 dan VII.7. Data yang diambil berupa hasil belajar siswa, aktivitas siswa, tanggapan siswa, dan tanggapan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode gallery walk efektif untuk pembelajaran materi klasifikasi makhluk hidup yang ditunjukkan dengan 96,88% siswa kelas VII.6 dan 93,94% siswa kelas VII.7 memperoleh nilai hasil belajar ≥75, persentase jumlah siswa kelas VII.6 dengan aktivitas tinggi dan sangat tinggi sebesar 90,62% dan kelas VII.7 sebesar 75,76%. Siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan metode pembelajaran gallery walk. Guru berpendapat bahwa metode pembelajaran gallery walk cocok diterapkan pada materi klasifikasi makhluk hidup karena membuat siswa lebih aktif dan termotivasi untuk belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran gallery walk pada materi klasifikasi makhluk hidup efektif terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VII di SMP Teuku Umar Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: aktivitas, gallery walk, hasil belajar, klasifikasi makhluk hidup.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Motivating Learners
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 19 Dec 2017 13:09
Last Modified: 19 Dec 2017 13:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28546

Actions (login required)

View Item View Item