PENGEMBANGAN INTERACTIVE AND FUN ELECTRONIC BOOK MATERI SISTEM PERGERAKAN MANUSIA KELAS VIII SMP


Evita Kharismawati , 4401411071 (2016) PENGEMBANGAN INTERACTIVE AND FUN ELECTRONIC BOOK MATERI SISTEM PERGERAKAN MANUSIA KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN INTERACTIVE AND FUN ELECTRONIC BOOK MATERI SISTEM PERGERAKAN MANUSIA KELAS VIII SMP]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN INTERACTIVE AND FUN ELECTRONIC BOOK MATERI SISTEM PERGERAKAN MANUSIA KELAS VIII SMP) - Published Version
Download (414kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Interactive and Fun Electronic Book (IFEB) yang layak dan mengetahui keefektifan penerapan IFEB pada kegiatan pembelajaran materi sistem pergerakan manusia kelas VIII. IFEB merupakan alternatif bahan ajar materi sistem pergerakan manusia yang menampilkan perpaduan antara teks, gambar, audio dan animasi diolah menggunakan software macromedia flash dan dilengkapi soal evaluasi berbentuk games serta video science in action. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (Research and Development) dengan desain penelitian ones hot case study. Pengembangan IFEB melalui beberapa tahapan yaitu validasi oleh pakar materi dan media. IFEB memperoleh skor 39 dengan persentase 88,64% dari pakar materi dan skor 38 dengan persentase 95% dari pakar media. Kedua pakar menilai IFEB sangat layak dijadikan sebagai bahan ajar materi sistem pergerakan manusia. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Batang. Sampel yang diambil adalah 5 kelas dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh (saturation sampling). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dan guru memberikan tanggapan positif. Hasil belajar menunjukkan ≥ 85% dari jumlah siswa memperoleh nilai ≥ 80 dengan rata-rata ketuntasan klasikal mencapai 96,11%. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa pengembangan IFEB layak dan efektif diterapkan pada pembelajaran materi sistem pergerakan manusia di SMP N 2 Batang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: electronic book, interactive and fun electronic book, sistem pergerakan manusia
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Motivating Learners
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 19 Dec 2017 12:44
Last Modified: 19 Dec 2017 12:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28544

Actions (login required)

View Item View Item