EFEKTIVITAS MODEL GUIDED DISCOVERY INQUIRY PADA PEMBELAJARAN FUNGI DI SMA


Nor Azizah , 4401411066 (2016) EFEKTIVITAS MODEL GUIDED DISCOVERY INQUIRY PADA PEMBELAJARAN FUNGI DI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MODEL GUIDED DISCOVERY INQUIRY PADA PEMBELAJARAN FUNGI DI SMA]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MODEL GUIDED DISCOVERY INQUIRY PADA PEMBELAJARAN FUNGI DI SMA) - Published Version
Download (821kB) | Preview

Abstract

Model Guided Discovery Inquiry pada pembelajaran fungi di SMA merupakan model pembelajaran yang mendorong keaktifan peserta didik melalui kegiatan penyelidikan sehingga siswa mampu menemukan sendiri fakta dan konsep pengetahuan serta mengubah kebiasaan siswa dari mendengarkan informasi menjadi mencari informasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model Guided Discovery Inquiry terhadap hasil belajar dan nilai karakter siswa materi fungi di SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi-Experiment Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi diambil dari peserta didik kelas X MA Al Irsyad Gajah Demak tahun ajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan yaitu kelas X MIA 1 dan X MIA 2 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa hasil belajar peserta didik ranah kognitif diambil dengan teknik tes, ranah afektif dan psikomotorik diambil dengan observasi, serta dilengkapi dengan data karakter siswa diambil dengan menggunakan angket dan lembar observasi, tanggapan siswa dan guru diambil dengan menggunakan lembar angket. Hasil uji perbedaan dua rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen adalah sebesar 83,22 dan kelas kontrol sebesar 75,71. Hasil uji N-gain menunjukkan bahwa kelas eksperimen terdapat peningkatan sebesar 0,73 dengan kriteria tinggi sementara kelas kontrol sebesar 0,62 dengan kriteria sedang. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata nilai afektif dan psikomotorik kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Nilai karakter siswa yaitu karakter keingintahuan dan kedisiplinan siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Guided Discovery Inquiry efektif tehadap hasil belajar siswa di MA Al Irsyad Gajah Demak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Guided Discovery Inquiry, hasil belajar, karakter siswa.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 19 Dec 2017 12:38
Last Modified: 19 Dec 2017 12:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28543

Actions (login required)

View Item View Item