PENGARUH STRATEGI BRAIN BASED LEARNING PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA


Hasanah Ratri Handayani , 4401411062 (2016) PENGARUH STRATEGI BRAIN BASED LEARNING PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH STRATEGI BRAIN BASED LEARNING PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA]
Preview
PDF (PENGARUH STRATEGI BRAIN BASED LEARNING PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA) - Published Version
Download (523kB) | Preview

Abstract

Materi klasifikasi makhluk hidup menuntut siswa berpikir kritis dalam mengidentifikasi organisme kemudian mengklasifikasikannya berdasarkan ciri-ciri yang dimiliknya, serta membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom. Pembelajaran di SMP Eka Sakti Semarang lebih sering menerapkan metode ceramah. Pemanfaatan objek nyata juga kurang optimal selama pembelajaran. Selain itu, siswa kurang dilatih untuk menyelesaikan soal-soal berpikir tingkat tinggi karena soal ulangan yang diberikan siswa sebagian besar hanya mencapai ranah kognitif mengingat (C1) dan memahami (C2). Brain based learning merupakan pembelajaran dengan melibatkan strategi yang didasarkan pada prinsip-prinsip pemahaman tentang otak. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh strategi brain based learning pada materi klasifikasi makhluk hidup terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Eka Sakti Semarang pada semester gasal dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas VII. Sampel yang digunakan yaitu kelas VII Bahasa dan VII Bhinneka dengan teknik pengambilan purposive sampling. Data yang diperoleh berupa hasil tes keterampilan berpikir kritis, nilai afektif, nilai psikomotorik, tanggapan siswa dan guru terhadap strategi brain based learning. Penelitian ini dinyatakan berpengaruh apabila terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data keterampilan berpikir kritis siswa diuji menggunakan uji t. Hasil analisis uji t menunjukkan adanya perbedaan yang signifkan yaitu keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi brain based learning pada materi klasifikasi makhluk hidup berpengaruh lebih baik terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Keterampilan berpikir kritis, klasifikasi makhluk hidup, strategi brain based learning
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 19 Dec 2017 12:31
Last Modified: 19 Dec 2017 12:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28542

Actions (login required)

View Item View Item