ANALISIS COMPLEX-PERFORMANCE ASSESSMENT DALAM PRAKTIKUM BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 PATI


Dewi Setiyana, 4401411058 (2016) ANALISIS COMPLEX-PERFORMANCE ASSESSMENT DALAM PRAKTIKUM BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS COMPLEX-PERFORMANCE ASSESSMENT DALAM PRAKTIKUM BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 PATI]
Preview
PDF (ANALISIS COMPLEX-PERFORMANCE ASSESSMENT DALAM PRAKTIKUM BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 PATI) - Published Version
Download (350kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru Biologi kelas X di SMA Negeri 2 Pati, guru merasa kesulitan melakukan penilaian kinerja siswa dan guru menginginkan adanya cara untuk menilai kinerja siswa secara praktis. Hal ini dikarenakan adanya jumlah siswa yang banyak dan mengingat bahwa guru harus memperhatikan efisiensi waktu dalam melaksanakan penilaian. Dari permasalahan tersebut, maka dibutuhkan cara alternatif untuk membantu guru dalam menilai kinerja siswa yang belum terukur secara optimal, maupun yang belum bisa terukur dengan cara konvensional. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil kinerja siswa dalam praktikum Biologi siswa kelas X di SMA Negeri 2 Pati, semester gasal tahun ajaran 2015/2016 KD.2. Berbagai tingkat keanekaragaman hayati Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental, dengan desain penelitian one shot case study. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Pati. Sampel terdiri atas siswa kelas X MIA 1, X MIA 2, X MIA 4, X MIA 6, dan X MIA 7. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif, meliputi data hasil belajar kognitif siswa, sikap ilmiah siswa, kinerja siswa, serta tanggapan guru dan siswa terhadap kegiatan praktikum yang dinilai menggunakan complexperformance assessment. Hasil belajar kognitif siswa secara klasikal menunjukkan ≥90% siswa tuntas KKM. Hasil penilaian sikap ilmiah siswa secara klasikal berada pada kriteria baik, dengan persentase rata-rata sebesar 85,74%. Sedangkan hasil penilaian kinerja siswa secara klasikal berada pada kriteria baik, dengan persentase rata-rata sebesar 80,56%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa profil kompleks kinerja siswa kelas X SMA Negeri 2 Pati tahun ajaran 2015/2016 pada materi berbagai tingkat keanekaragaman hayati Indonesia, secara umum berada pada kriteria baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: complex-performance assessment, hasil belajar, praktikum.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 19 Dec 2017 12:22
Last Modified: 19 Dec 2017 12:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28541

Actions (login required)

View Item View Item