PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITADENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN MEDIA SUMPIT BERJALAN PADA SISWA KELAS VIIIE SMP NEGERI 2 UNGARAN


Eka Setiyawati , 2101411052 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITADENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN MEDIA SUMPIT BERJALAN PADA SISWA KELAS VIIIE SMP NEGERI 2 UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411052.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (813kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis teks berita merupakan keterampilan yang bersifat produktif, artinya keterampilan tersebut menuntut siswa untuk dapat menuangkan ide atau gagasannya ke dalam bentuk tulisan. Proses pembelajarannya memerlukan latihan dan praktik yang dilakukan secara terus menerus. Namun, sering kali guru kurang memperhatikan hal tersebut sehingga kemampuan menulis siswa kurang optimal. Oleh karena itu, pengembangan kemampuan menulis teks berita perlu mendapatkan perhatian dari guru-guru bahasa Indonesia. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan dalam penelitian ini, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIIIE SMP Negeri 2 Ungaran masih rendah. Faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan menulis teks berita adalah pemilihan model dan media yang digunakan guru dalam pembelajaran kurang sesuai. Oleh karena itu, perlu digunakan model pembelajaran dan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan media sumpit berjalan. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana proses pembelajaran menulis teks berita, (2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis teks berita, dan (3) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VIIIE SMP Negeri 2 Ungaran setelah mengikuti pembelajaran menulis teks berita menggunakan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan media sumpit berjalan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks berita menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas VIIIE SMP Negeri 2 Ungaran Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu keterampilan menulis teks berita dan penggunaan model pembelajaran berbasis proyek dengan media sumpit berjalan. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan nontes. Alat pengambilan data tes berupa tes menulis teks berita, sedangkan data nontes yang digunakan berupa pedoman observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data meliputi kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perubahan proses pembelajaran menjadi lebih baik, peningkatan keterampilan menulis, dan perubahan perilaku menjadi lebih baik setelah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan media sumpit berjalan pada keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIIIE SMP Negeri 2 Ungaran Kabupaten Semarang. Adapun perubahan proses pembelajaran menulis teks berita menggunakan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan media sumpit berjalan dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 12,03%. Kemudian, peningkatan keterampilan ditunjukkan pada tes prasiklus, siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 52,41 sedangkan pada siklus I, hasil tes siswa rata-rata sebesar 67. Berdasarkan hasil tersebut mengalami peningkatan 14,59 atau sebesar27,83%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 81,5 dan termasuk dalam kategori baik, sehingga terjadi peningkatan 14,5 atau sebesar 21,64% yaitu dari 67 pada siklus I menjadi 81,5 pada siklus II. Peningkatan keterampilan menulis teks berita ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari cukup baik menjadi baik. Pada siklus II perilaku jujur, disiplin, dan tanggung jawab siswa menjadi lebih baik daripada siklus I yang mencapai rata-rata kelas dengan kategori cukup. Saran yang diberikan penulis pada para guru khususnya dibidang pendidikan dan bahasa dapat menggunakan penelitian ini sebagai bahan rujukan untuk melakukan penelitian yang lain dengan model, metode, teknik, dan media pembelajaran yang berbeda sehingga didapatkan alternatif dengan model, metode, teknik, dan media pembelajaran. Bagi siswa dalam pembelajaran menulis teks berita menggunakan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan media sumpit berjalan, siswa harus lebih termotivasi dalam keterampilan menulis khususnya menulis teks berita.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis teks berita, model pembelajaran berbasis proyek, media sumpit berjalan.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2017 11:59
Last Modified: 19 Dec 2017 11:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28540

Actions (login required)

View Item View Item