PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI KEINDAHAN ALAM MELALUI METODE PETA PIKIRAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI PADA SISWA KELAS VII D SMP KESATRIAN 1 SEMARANG


Anggun Pramudyawardani , 2101411047 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI KEINDAHAN ALAM MELALUI METODE PETA PIKIRAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI PADA SISWA KELAS VII D SMP KESATRIAN 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411047.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (390kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data awal yang diperoleh peneliti melalui hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia, pembelajaran kompetensi menulis puisi keindahan alam siswa kelas VII D SMP Kesatrian 1 Semarang masih rendah. Peneliti mencoba memecahkan permasalahan tersebut dengan menerapkan penggunaan metode peta pikiran dan media permainan monopoli pada pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah keterampilan menulis puisi, siswa kelas VII D SMP Kesatrian 1 Semarang. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi keindahan alam, metode peta pikiran, dan penggunaan media permainan monopoli. Pengambilan data menggunakan isntrumen tes dan nontes. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan bahwa pada proses pembelajaran menulis puisi keindahan alam melalui metode peta pikiran dengan menggunakan media permainan monopoli, siswa sudah menunjukkan sikap antusias, senang, dan dapat mengikuti pembelajaran dengan tertib sehingga pembelajaran berjalan kondusif. Hasil tes keterampilan menulis puisi keindahan alam mengalami peningkatan dari siklus I diperoleh hasil rata-rata 59,5 termasuk dalam kategori kurang dan tes siklus II diperoleh rata-rata sebesar 80,70 termasuk dalam kategori baik, dengan peningkatan sebesar 21,8%. Perubahan perilaku yang ditunjukkan siswa kelas VII D SMP Kesatrian 1 Semarang mengalami perubahan perilaku dari perilaku negatif menjadi perilaku positif pada siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan agar guru memilih penggunaan metode dan media yang inovatif dan dapat membantu dalam pembelajaran agar menjadi lebih efektif dan siswa merasa antusias. Penerapan metode peta pikiran dalam pembelajaran menulis puisi keindahan alam dapat membantu siswa mengembangkan ide dan menstimulus siswa untuk berpikir kreatif, dan penerapan media permainan monopoli dapat membantu siswa dalam mengembangkan daya imajinasi dengan melihat gambar keindahan alam tanpa harus mengunjungi atau melihat secarav langsung objek yang akan dijadikan puisi keindahan alam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis puisi keindahan alam, metode peta pikiran, media permainan monopoli.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2017 11:52
Last Modified: 19 Dec 2017 11:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28539

Actions (login required)

View Item View Item