PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENYUSUNAN TEKS CERITA PENDEK BERDASARKAN TEKS ANEKDOT UNTUK SISWA SMP
Sefila Osie Arzani , 2101411034 (2016) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENYUSUNAN TEKS CERITA PENDEK BERDASARKAN TEKS ANEKDOT UNTUK SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (405kB) | Preview |
Abstract
Penerapan kurikulum 2013 menuntut adanya peran mata pelajaran Bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran yang pada dasarnya mempelajari berbagai macam teks. Pada pembelajaran berbasis teks ini, peserta didik diharap dapat memahami pengetahuan dan terampil menangkap makna, menyusun, menelaah, serta meringkas teks yang terdapat dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini mengerucutkan pada keterampilan menyusun teks cerita pendek yang terdapat dalam kompetensi dasar 4.2, yaitu menyusun teks cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan. Sampai saat ini, buku nonteks terkait teks cerita pendek yang beredar adalah buku penduan penulisan teks cerita pendek. Sehingga, buku panduan penyusunan teks cerita pendek masih jarang ditemui. Berdasarkan pada syarat komponen penyajian yang terdapat dalam buku panduan, buku ini memerhatikan aspek penyajian materi yang runtun, bersistem, lugas, dan mudah dipahami. Hal tersebut sangat penting supaya pada penggunaannya peserta didik tidak mengalami kesulitan. Hal lain yang peneliti sertakan dalam buku panduan peserta didik ini adalah langkah-langkah kerja, karena hal tersebut merupakan ciri khas buku panduan keterampilan. Penggunaan teks anekdot diharapkan dapat menstimulus peserta didik, sehingga akan meminimalisasi kesulitan yang ditemui peserta didik pada setiap tahap penyusunan. Teks anekdot yang berifat humor akan membuat peserta didik merasa terhibur. Hal tersebut dapat memacu peserta didik untuk mengembangkan cerita menjadi lebih menyenangkan sesuai dengan karakteristik masing-masing peserta didik. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) kebutuhan pengembangan buku panduan penyusunan teks cerita pendek berdasarkan teks anekdot, (2) karakteristik buku panduan penyusunan teks cerita pendek berdasarkan teks anekdot, (3) prototipe buku panduan penyusunan teks cerita pendek berdasarkan teks anekdot, dan (4) hasil penilaian dan perbaikan prototipe buku panduan penyusunan teks cerita pendek. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan dalam enam tahap, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain (Sugiyono 2010: 409). Pengumpulan data kebutuhan dan validasi menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskripsi kualitatif, yaitu pemaparan data dan simpulan data. Kebutuhan peserta didik dan guru terhadap buku panduan penyusunan teks cerita pendek berdasarkan teks anekdot untuk siswa SMP meliputi empat aspek, yaitu: aspek materi/ isi, aspek penyajian, aspek bahasa, dan aspek grafika. Materi/ isi yang terdapat dalam buku panduan penyusunan teks cerita pendek berdasarkan teks anekdot terbagi menjadi tiga bagian, yaitu teks cerita pendek, teks anekdot, dan penyusunan teks cerita pendek berdasarkan teks anekdot. Materi pada bagian teks cerita pendek yaitu (1) pengertian teks cerita pendek, (2) ciri bahasa teks cerita pendek, (3) struktur teks cerita pendek. Materi anekot terdiri atas (1) penegrtian teks anekdot, (2) unsur-unsur teks anekdot, (3) ciri bahasa teks anekdot. Materi pelengkap pada buku panduan penyusunan teks cerita pendek berdasarkan teks anekdot berupa lampiran teks anekdot serta kata-kata motivasi. Hasil penilaian buku panduan penyusunan teks cerita pendek berdasarkan teks anekdot adalah sebagai berikut: (1) aspek materi diperoleh sub total 237,75, (2) aspek penyajian diperoleh sub total 57, (3) aspek bahasa diperoleh sub total 43, dan (4) aspek grafika diperoleh sub total 35. Berdasarkan hasil uji validasi tersebut, buku panduan penyusunan teks cerita pende berdasarkan teks anekdot mendapatkan total skor 372,75 dengan klasifikasi sangat layak. Berdasarakan simpulan penelitian, peneliti menyarankan bahwa dalam memaksimalkan penggunaan buku panduan penyusunan teks cerita pendek berdasarkan teks anekdot guru dan orang tua dapat ikut berperan serta dalam mengapresiasi hasil kerya peserta didik. Di samping itu, para pemerhati pendidikan hendaknya dapat bekerjasama melakukan pengembangan terhadap bahan nonteks Bahasa Indonesia yang mampu mendukung pelaksanaan kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku panduan, teks cerita pendek, teks anekdot. |
Subjects: | L Education > Special Education > Language and literature education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 19 Dec 2017 11:27 |
Last Modified: | 19 Dec 2017 11:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28535 |
Actions (login required)
View Item |