PENINGKATAN KETERAMPILAN MENANGKAP MAKNA TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN METODE MEMBACA SQ3R DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII-F SMP NEGERI 2 SEMARANG


Bulan Grahani Putri , 2101411030 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENANGKAP MAKNA TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN METODE MEMBACA SQ3R DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII-F SMP NEGERI 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411030.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (359kB) | Preview

Abstract

Menangkap makna merupakan tujuan dalam proses membaca untuk memetik dan memahami makna yang terkandung dalam teks. Keterampilan menangkap makna memberi manfaat yang penting bagi peserta didik sebab dengan menangkap makna, peserta didik mampu memahami secara garis besar tentang pesan yang ingin disampaikan dalam teks, dan siswa juga mampu menerapkan hasil pemahaman makna teks untuk kepentingan pribadi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Bahasa dan Sastra Indonesia, diketahui bahwa keterampilan menangkap makna teks prosedur pada peserta didik masih rendah. Rendahnya keterampilan menangkap makna teks prosedur disebabkan oleh faktor metode yang digunakan oleh guru belum sesuai dan belum menggunakan media yang mampu menunjang pembelajaran. Hal ini menyebabkan peserta didik cepat merasa jenuh dan cenderung kurang tertarik terhadap pembelajaran keterampilan menangkap makna. Untuk mengatasi rendahnya keterampilan menangkap makna teks prosedur, peneliti memberikan solusi dengan pembelajaran menggunakan metode membaca SQ3R dengan media gambar berseri. Berdasarkan kondisi tersebut muncul permasalah yang penting diteliti, yaitu 1) bagaimana proses pembelajaran peningkatan keterampilan menangkap makna teks prosedur menggunakan metode membaca SQ3R dengan media gambar berseri pada peserta didik kelas VIII-F SMP Negeri 2 Semarang; 2) bagaimana perubahan sikap religius peserta didik kelas VIII-F SMP Negeri 2 Semarang dalam mengikuti pembelajaran keterampilan menangkap makna teks prosedur menggunakan metode membaca SQ3R dengan media gambar berseri; 3) perubahan sikap sosial jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, dan percaya diri peserta didik kelas VIII-F SMP Negeri 2 Semarang dalam mengikuti pembelajaran keterampilan menangkap makna teks prosedur menggunakan metode membaca SQ3R dengan media gambar berseri; dan 4) bagaimana peningkatan keterampilan menangkap makna teks prosedur menggunakan metode membaca SQ3R dengan media gambar berseri pada peserta didik kelas VIII-F SMP Negeri 2 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan metode membaca SQ3R dan media gambar berseri sebagai upaya peningkatan keterampilan menangkap makna teks prosedur peserta didik kelas VIII-F SMP Negeri 2 Semarang. Variabel penelitian ini yaitu variabel terikat keterampilan menangkap makna teks prosedur dan variabel bebas pelaksanaan pembelajaran keterampilan menangkap makna teks prosedur menggunakan metode membaca SQ3R dengan media gambar berseri. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan instrumen nontes. Instrumen tes berupa tes keterampilan, sedangkan instrumen nontes berupa observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata peningkatan persentase ketuntasan pengamatan proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II meningkat 19,2%. Sikap religius peserta didik juga meningkat. Pada siklus I, persentase ketuntasan sikap religius peserta didik mencapai 93,3%. Sementara pada siklus II, persentase ketuntasan sikap religius peserta didik meningkat menjadi 100%. Di samping itu, sikap sosial peserta didik juga meningkat. Pada siklus I, sikap disiplin dan santun melampaui ketuntasan dengan persentase ketuntasan 100%. Sementara sikap jujur dan tanggung jawab belum mencapai persentase ketuntasan 83,3% dan 93,3%. Adapun sikap percaya diri menjadi sikap yang berada pada persentase ketuntasan terendah sebesar 16,7%. Namun, pada siklus II sikap sosial peserta didik mengalami peningkatan. Sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, dan percaya diri mencapai persentase ketuntasan 100%. Keterampilan peserta didik juga meningkat. Pada siklus I, nilai rata-rata penilaian keterampilan mencapai 76,4 dengan persentase ketuntasan 50%. Sementara pada siklus II nilai rata-rata meningkat signifikan menjadi 93,95. Persentase ketuntasan pada siklus II juga meningkat secara tajam menjadi 100%. Tanggapan peserta didik dan guru sebagai kolaborator juga sangat positif terhadap pembelajaran ini. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode membaca SQ3R dengan media gambar berseri mampu meningkatkan keterampilan menangkap makna teks prosedur peserta didik. Peserta didik juga termotivasi dan menunjukkan perkembangan positif dalam pembelajaran. Dengan demikian, peneliti merekomendasikan pada guru bahasa Indonesia untuk mempertimbangkan penggunaan metode membaca SQ3R dan media gambar berseri dalam pembelajaran menangkap makna teks prosedur agar pembelajaran yang dilakukan menjadi lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menangkap makna teks prosedur, metode membaca SQ3R, media gambar berseri
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 Dec 2017 18:32
Last Modified: 18 Dec 2017 18:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28534

Actions (login required)

View Item View Item