PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGUNGKAPKAN GERAK-GERIK, MIMIK, DAN INTONASI SESUAI DENGAN WATAK TOKOH DALAM PEMENTASAN DRAMA MENGGUNAKAN METODE SUGESTOPEDIA DAN TEKNIK BERMAIN PERAN DENGAN MEDIA FILM LOOP PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 SRAGEN


Okvia Fera Prawesti , 2101411025 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGUNGKAPKAN GERAK-GERIK, MIMIK, DAN INTONASI SESUAI DENGAN WATAK TOKOH DALAM PEMENTASAN DRAMA MENGGUNAKAN METODE SUGESTOPEDIA DAN TEKNIK BERMAIN PERAN DENGAN MEDIA FILM LOOP PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 SRAGEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411025.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (383kB) | Preview

Abstract

Keterampilan peserta didik dalam mengungkapkan gerak-gerik, mimik, dan intonasi sesuai dengan watak tokoh dalam pementasan drama masih rendah. Peserta didik belum memiliki minat dan keberanian yang tinggi dalam pembelajaran. Peserta didik masih kesulitan memahami materi mengungkapkan gerak-gerik, mimik, dan intonasi sesuai dengan watak tokoh dalam pementasan drama, dan masih kesulitan menemukan kaidah yang benar dalam pengungkapannya. Guru juga belum intensif membimbing peserta didik dalam pembelajaran mengungkapkan gerak-gerik, mimik, dan intonasi sesuai dengan watak tokoh dalam pementasan drama. Selain itu, buku pegangan yang dikeluarkan pemerintah kurang memperhatikan keterampilan lisan sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan mengungkapkan gerak-gerik, mimik, dan intonasi sesuai dengan watak tokoh dalam pementasan drama peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen setelah digunakan metode sugestopedia dan teknik bermain peran dengan media film loop, (2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengungkapkan gerak-gerik, mimik, dan intonasi sesuai dengan watak tokoh dalam pementasan drama peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen setelah digunakan metode sugestopedia dan teknik bermain peran dengan media film loop, (3) Mendeskripsikan perubahan perilaku peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen setelah digunakan metode sugestopedia dan teknik bermain peran dengan media film loop. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pada Kedua siklus tersebut terdiri atas empat tahap antara lain, (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan mengungkapkan gerak-gerik, mimik, dan intonasi sesuai dengan watak tokoh dalam pementasan drama pada peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen yang berjumlah 30 peserta didik. Adapun variabel penelitian yaitu keterampilan dan pelaksanaan pembelajaran mengungkapkan gerak-gerik, mimik, dan intonasi sesuai dengan watak tokoh dalam pementasan drama menggunakan metode sugestopedia dan teknik bermain peran dengan media film loop. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan nontes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa (1) proses pembelajaran mengungkapkan gerak-gerik, mimik, dan intonasi sesuai dengan watak tokoh dalam pementasan drama dengan metode sugestopedia dan teknik bermain peran dengan media film loop berjalan dengan intensif dan kondusif siklus I dan meningkat pada siklus II, (2) terjadi peningkatan keterampilan mengungkapkan gerak-gerik, mimik, dan intonasi sesuai dengan watak tokoh dalam pementasan drama dari prasiklus ke siklus I sebesar 2,22 atau 7,40% . Perolehan nilai rata-rata peserta didik meningkat sebesar 5.33 atau 17,76% yaitu dari 67,50 pada siklus I menjadi 72,83 pada siklus II. (3) perubahan perilaku ini di tunjukkan melalui hasil tes dan nontes pada siklus I dan II yang menunjukkan bahwa peserta didik mengalami perubahan perilaku dan sikap ke arah yang lebih positif. Hal ini dapat diketahui dari hasil instrumen nontes siklus I dan II yang meliputi angket respon peserta didik, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, catatan lapangan, dokumentasi foto dan dokumentasi video. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru bahasa Indonesia agar menggunakan metode sugestopedia dan teknik bermain peran dengan media film loop dalam pembelajaran mengungkapkan gerak-gerik, mimik, dan intonasi sesuai dengan watak tokoh dalam pementasan drama, karena telah terbukti dapat meningkat. Untuk peneliti lain metode pembelajaran dan teknik tersebut dapat digunakan menjadi rujukan untuk penelitian selanjutnya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: mengungkapkan gerak-gerik, mimik, dan intonasi, metode sugestopedia, teknik bermain peran, media film loop
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 Dec 2017 18:14
Last Modified: 18 Jan 2018 18:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28532

Actions (login required)

View Item View Item