PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI NARASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN METODE PETA KONSEP PADA PESERTA DIDIK KELAS VII E SMP NEGERI 10 MAGELANG


Rizki Meiliawati , 2101411023 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI NARASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN METODE PETA KONSEP PADA PESERTA DIDIK KELAS VII E SMP NEGERI 10 MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411023.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (393kB) | Preview

Abstract

Keterampilan mengubah teks wawancara menjadi narasi pada peserta didik kelas VII E SMP Negeri 10 Magelang masih rendah. Rendahnya keterampilan mengubah teks wawancara menjadi narasi disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya: (1) kurangnya penguasaan materi, (2) kurangnya latihan menulis sehingga menyebabkan kalimat dalam tulisan tidak padu. Selain itu, model dan metode yang digunakan oleh guru adalah model pembelajaran konvensional yang masih berpusat pada guru sehingga peserta didik kurang tertarik dan kurang berantusias dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, masalah tersebut perlu diatasi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan metode peta konsep. Model dan metode ini dapat melatih peserta didik untuk berkembang, berpikir kritis, dan kreatif. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimanakah proses pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi narasi, (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan mengubah teks wawancara menjadi narasi, dan (3) bagaimanakah perubahan sikap peserta didik kelas VII E SMP Negeri 10 Magelang setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan metode peta konsep. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan proses pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi narasi, (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengubah teks wawancara menjadi narasi, dan (3) mendeksripsikan perubahan sikap peserta didik kelas VII E SMP Negeri 10 Magelang setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan metode peta konsep. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang setiap siklus memiliki tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel penelitian ini adalah keterampilan mengubah teks wawancara menjadi narasi, sebagai variabel terikat dan model pembelajaran berbasis masalah dan metode peta konsep, sebagai variabel bebas. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Teknik pengumpulan data tes adalah tes mengubah teks wawancara menjadi narasi. Teknik pengumpulan data nontes yang digunakan berupa pedoman observasi, jurnal, pedoman wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualititatif. Hasil penelitian ini adalah (1) proses pembelajaran pada siklus I suasana kelas masih belum kondusif karena peserta didik belum paham mengenai pembelajaran yang diajarkan. Namun, pada siklus II suasana kelas lebih kondusif karena peserta didik intensif mengikuti pembelajaran, (2) keterampilan mengubah teks wawancara menjadi narasi pada peserta didik kelas VII E SMP Negeri 10 Magelang setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah dan metode peta konsep menunjukkan adanya peningkatan. Hasil ratarata tes pada prasiklus sebesar 64,34 dalam kategori cukup, siklus I sebesar 75,26 dalam kategori baik mengalami peningkatan sebesar 10,92 dari prasiklus, siklus II sebesar 86,1 dalam kategori sangat baik mengalami peningkatan sebesar 10,84 dari siklus I dan 21,76 dari prasiklus, dan (3) peserta didik mengalami perubahan kearah positif selama mengikuti pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi narasi. Hal ini diketahui dari hasil lembar observasi. Saran yang dapat direkomendasikan adalah model dan metode yang digunakan dalam penelitian ini dapat digunakan oleh guru bahasa Indonesia sebagai alternatif dalam membelajarkan keterampilan mengubah teks wawancara menjadi narasi. Penggunaan model dan metode pembelajaran ini mempermudah peserta didik dalam membuat teks narasi berdasarkan teks wawancara. Penelitian ini dapat dilakukan lebih lanjut oleh para peneliti dengan menggunakan aspek yang lain, untuk mengembangkan khasanah ilmu bahasa dan meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan mengubah teks wawancara menjadi narasi, model pembelajaran berbasis masalah, dan metode peta konsep
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 Dec 2017 18:05
Last Modified: 18 Dec 2017 18:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28531

Actions (login required)

View Item View Item