PENINGKATAN KOMPETENSI MENYUSUN TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII F SMP 1 KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN


Siti Lestari Handayani , 2101411015 (2016) PENINGKATAN KOMPETENSI MENYUSUN TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII F SMP 1 KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411015.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (312kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal keterampilan menyusun teks prosedur pada peserta didik kelas VIII F SMP 1 Kajen Kabupaten Pekalongan masih tergolong rendah karena belum semua peserta didik mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70 dengan nilai konversi 2,8. Indikator penyebabnya adalah peserta didik belum mampu mengurutkan bagian-bagian struktur teks, peserta didik kesulitan memilih kata, peserta didik kesulitan mengembangkan bagianbagian struktur teks, dan peserta didik kurang memperhatikan penggunaan EYD. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana proses pembelajaran menyusun teks prosedur; (2) bagaimana peningkatan pengetahuan membedakan teks prosedur dengan teks lain; (3) bagaimana peningkatan keterampilan menyusun teks prosedur; dan (4) bagaimana perubahan sikap religius dan sikap sosial peserta didik dalam pembelajaran menyusun teks prosedur? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan nontes melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengetahuan membedakan teks prosedur dengan teks lain dan keterampilan menyusun teks prosedur peserta didik kelas VIII F SMP 1 Kajen Kabupaten Pekalongan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) proses pembelajaran keterampilan menyusun teks prosedur menggunakan model pembelajaran discovery dan media audio visual pada peserta didik kelas VIII F SMP 1 Kajen Kabupaten Pekalongan secara keseluruhan berjalan dengan baik dengan rerata nilai 82,76 pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 90,35 pada siklus II; (2) pengetahuan peserta didik dalam membedakan teks prosedur dengan teks lain mengalami peningkatan dari hasil tes siklus I dengan rerata nilai 3,01 (B) menjadi 3,35 (B+) pada siklus II; (3) keterampilan menyusun teks prosedur mengalami peningkatan dengan rerata nilai pada tahap prasiklus adalah 2,47 (C+) menjadi 2,97 (B) pada siklus I dan kembali mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 3,43 (B+); (4) sikap peserta didik secara keseluruhan mengalami perubahan pada siklus I dengan modus atau nilai yang banyak muncul adalah 3 dan pada siklus II nilai yang banyak muncul atau modus 4. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru mata pelajaran bahasa Indonesia dapat memberi variasi dalam pembelajaran, baik penggunaan model maupun media pembelajaran untuk mendukung tercapaianya tujuan pembelajaran. Bagi peneliti lain hendaknya melakukan penelitian lanjutan untuk melengkapi penelitian ini dengan inovasi-inovasi yang lebih baik dan menarik dengan tujuan meningkatkan kompetensi menyusun teks prosedur.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menyusun teks prosedur, media audio visual, model pembelajaran discovery
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 Dec 2017 16:28
Last Modified: 18 Dec 2017 16:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28528

Actions (login required)

View Item View Item