PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARANBERBASIS PROYEK MELALUI MEDIA KATA-KATA INSPIRATIF MARIO TEGUH UNTUK SISWA KELAS XII MA AL ASROR SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016


Nur Afifah , 2101411014 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARANBERBASIS PROYEK MELALUI MEDIA KATA-KATA INSPIRATIF MARIO TEGUH UNTUK SISWA KELAS XII MA AL ASROR SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411014.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (398kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal keterampilan menulis cerita pendek pada siswa kelas XII MA Al Asror masih tergolong rendah karena beum semua siswa mampu mncapai criteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75.Permasalah yang menyebabkan rendahnya keterampilan menulis cerita pendek siswa diantaranya siswa masih kesulitan dalam menulis cerita pendek karena belum mampu menentukan ide dan mengembangkannya menjadi sebuah cerita.Kurangnya pelatihan dalam menulis cerita pendek menyebabkan tulisan siswa tidak padu dan sistematis.Siswa juga kurang memperhatikan unsur-unsur pembangun cerita pendek dan penggunaan ejaan serta penggunaan tanda baca. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek, peningkatan keterampilan siswa dalam menulis cerita pendek, dan perubahan perilaku pada siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis cerita pendek dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek melalui media kata-kata inspiratif Mario Teguh. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran menulis cerita pendek, mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis cerita pendek, dan mendeskripsikan perubahan perilaku pada siswa kelas XII MA Al Asror, setelah mengikuti pembelajaran menulis cerita pendek dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek melalui media kata-kata inspiratif Mario Teguh. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan bantas ketuntasan minimal 75. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis cerita pendek pada siswa kelas XII IPS 2 MA Al Asror tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas tiga tahap yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupamenulis cerita pendek, sedangkan nontes berupa observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Analisis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Pada proses pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek, guru juga melakukan perbaikan dari siklus ke siklus untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran menulis cerita pendek berlangsung dengan lancar. Siswa dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran menulis cerita pendek.Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan rerata persentase dari siklus I 74.8% menjadi 92.8% atau meningkat sebesar 18%.Selain itu, hasil tes keterampilan menulis cerita pendek mengalami peningkatan dengan nilai prasiklus siswa dari keseluruhan aspek memperoleh nilai rata-rata 65.92.Pada siklus I meningkat menjadi 75.32, atau mengalami peningkatan sebesar 14.26%.Pada siklus II siswa dapat mencapai niai rata-rata sebesar 82.32, atau meningkat sebesar 9.29% dari siklus I dan 24.9% dari nilai pra siklus.Adapun perilaku siswa mengalami perubahan kea rah positif.Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan keaktifan siswa sejak dimulainya pembelajaran hingga pembelajaran berakhir. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menulis cerita pendek dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek melalui media kata-kata inspiratif Mario Teguh telah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek pada siswa kelas XII IPS 2 MA Al Asror dan mengubah perilaku siswa ke arah yang lebih positif. Saran bagi guru mata pelajaran bahasa Indonesia hendaknya dapat menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan media kata-kata inspiratif Mario Teguh dalam pembelajaran menulis cerita pendek karena terbukti meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis cerita pendek. Selain itu bagi peneliti lain hendaknya melakukan penelitian lanjutan terkait keterampilan menulis cerita pendek dengan model, metode, teknik atau media pembelajaran lain yang lebih variatif, kreatif, dan inovatif sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis cerita pendek, model pembelajaran berbasis proyek, media kata-kata inspiratif Mario Teguh.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 Dec 2017 16:20
Last Modified: 18 Dec 2017 16:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28527

Actions (login required)

View Item View Item