PEMANFAATAN JELAJAH ALAM SEKITAR BERWAWASAN KONSERVASI DENGAN METODE MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULISPUISI PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 TAMBAK


Dhaifina Fitri Hajidah , 2101411009 (2016) PEMANFAATAN JELAJAH ALAM SEKITAR BERWAWASAN KONSERVASI DENGAN METODE MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULISPUISI PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 TAMBAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411009.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (317kB) | Preview

Abstract

Menulis puisi merupakan kompetensi dasar yang terdapat di kelas VII dan kelas VIII. Pengulangan pokok materi seperti ini menyiratkan bahwa menulis puisi dianggap sebagai materi yang esensial sehingga dibutuhkan beberapa kali proses pembelajaran. Tetapi kenyataannya, pembelajaran keterampilan menulis puisi masih belum mencapai hasil yang maksimal.Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bahasa Indonesia, diketahui bahwa minat dan keterampilan siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Tambak dalam menulis puisi masih rendah.Nilai ratarata kelas yang diperoleh belum mencapai kriteria ketuntasan minimal, yaitu 75.Keindahan alam sekitar yang belum dimaksimalkan, metode pembelajaran yang kurang menarik, minat dan kemampuan siswa dalam menulis puisi masih rendah merupakan beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya keterampilan siswa dalam menulis puisi. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi adalah dengan memanfaatkan jelajah alam sekitar berwawasan konservasi dengan metode mind mapping. Pembelajaran tersebut, diterapkan pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Tambak. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah proses pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Tambak selamamemanfaatkan jelajah alam sekitar berwawasan konservasi dengan metode mind mapping, (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Tambak selama memanfaatkan jelajah alam sekitar berwawasan konservasi dengan metode mind mapping, (3)Bagaimanakah perubahan perilaku pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Tambak selama mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan pemanfaatan jelajah alam sekitar berwawasan konservasi dengan metode mind mapping. Tujuan Penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Tambak selama memanfaatkan jelajah alam sekitar berwawasan konservasi dengan metode mind mapping, (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Tambak selama memanfaatkan jelajah alam sekitar berwawasan konservasi dengan metode mind mapping, (2) mendeskripsikan perubahan perilaku pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Tambak selama mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan pemanfaataan jelajah alam sekitar berwawasan konservasi dengan metode mind mapping. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus.Setiap siklus memiliki empat tahapan kegiatan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Pengumpulan data dilakukan melalui dua teknik, yaitu teknik tes dan teknik nontes.Pengumpulan data tes dilakukan dengan memberikan tes menulis puisi pada siswa.Sementara itu, pengumpulan data nontes dilakukan dengan observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto.Analisis data tes dilakukan dengan teknik kuantitatif, sedangkan data nontes dengan teknik kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan jelajah alam sekitar berwawasan konservasi dengan metode mind mapping dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi. Proses pembelajaran mengalami peningkatan keantusiasan dan keaktifan siswa saat mengikut pembelajaran. Keterampilan menulis siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Tambak juga mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut terlihat dari perolehan nilai rata-rata siswa pada prasiklus ke siklus I sebesar 15,15% dengan rata-rata 77,5 dan meningkat lagi sebesar 8,85% dengan rata-rata 86,35 pada siklus II. Perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi mengalami perubahan ke arah positif, siswa antusias mengikuti pembelajaran dengan sungguh-sungguh, aktif dan penuh konsentrasi. Simpulan penelitian ini yaitu proses pembelajaran menulis puisi dengan memanfaatkan jelajah alam sekitar berwawasan konservasi dengan metode mind mapping berlangsung dengan baik. Selain itu, pemanfaatan jelajah alam sekitar berwawasan konservasi dan metode mind mapping yang diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi dan mengubah perilaku belajar siswa ke arah yang lebih baik dan positif. Peneliti menyampaikan saran kepada guru bahasa dan sastra Indonesia untuk lebih mengoptimalkan lingkungan sekitar dan menerapkan metode pembelajaran yang menarik minat siswa dan mempermudah siswa dalam menulis puisi. Penerapan pemanfaatan jelajah alam sekitar berwawasan konservasi dan metode mind mapping merupakan salah satu cara yang dapat dipergunakan dalam pembelajaran menulis puisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jelajah alam sekitar, konservasi, metode mind mapping, keterampilan menulis puisi.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 Dec 2017 16:12
Last Modified: 18 Dec 2017 16:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28525

Actions (login required)

View Item View Item