PENGARUH NUMBERED HEADS TOGETHER COOPERATIVE LEARNING STRATEGY MENGGUNAKAN PERMAINAN KUIS SiBiNi TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SISTEM REGULASI


Ria Umami , 4401411057 (2016) PENGARUH NUMBERED HEADS TOGETHER COOPERATIVE LEARNING STRATEGY MENGGUNAKAN PERMAINAN KUIS SiBiNi TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SISTEM REGULASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH NUMBERED HEADS TOGETHER COOPERATIVE LEARNING STRATEGY MENGGUNAKAN PERMAINAN KUIS SiBiNi TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SISTEM REGULASI]
Preview
PDF (PENGARUH NUMBERED HEADS TOGETHER COOPERATIVE LEARNING STRATEGY MENGGUNAKAN PERMAINAN KUIS SiBiNi TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SISTEM REGULASI) - Published Version
Download (808kB) | Preview

Abstract

Observasi menunjukkan banyak siswa yang tidak aktif dalam kegiatan proses belajar mengajar. Perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Model pembelajaran Numbered Heads Together Cooperative Learning menggunakan permainan kuis SiBiNi mengajak siswa untuk lebih berani dalam antusiasme, menjawab, bertanya, menanggapi, berpendapat, dan bekerja sama. Penelitian ini merupakan penelitian True Experimental Design dengan rancangan control groupposttest.Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 2 Semarang yang berjumlah 115 siswa dan terdiri dari 3 kelas yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3. Sampel yang digunakan dalam penelitian diambil dengan teknik random sampling yaitu siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa sangat tinggi dalam aspek antusiasme (94,59%) dan bekerja sama (96,39%). Tetapi sebaliknya, aspek bertanya (12,61%) dan aspek berpendapat (22,97%) masih sangat rendah. Sedangkan relatif sedang adalah aktivitas siswa pada aspek menanggapi (42,34%) dan aspek menjawab (53,15%). Nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Analisis uji perbedaan dua rerata atau uji t diperoleh nilai

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keywords:aktivitas, hasil belajar, materi sistem regulasi, NHT, quis
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 18 Dec 2017 14:59
Last Modified: 18 Dec 2017 14:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28524

Actions (login required)

View Item View Item