EFEKTIVITAS STRATEGI THINK TALK WRITE BERBANTUAN VIDEO PADA MATERI PLANTAE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS X


Lembayung Windi Prasetyaningrum , 4401411047 (2015) EFEKTIVITAS STRATEGI THINK TALK WRITE BERBANTUAN VIDEO PADA MATERI PLANTAE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS STRATEGI THINK TALK WRITE BERBANTUAN VIDEO PADA MATERI PLANTAE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS X]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS STRATEGI THINK TALK WRITE BERBANTUAN VIDEO PADA MATERI PLANTAE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS X) - Published Version
Download (681kB) | Preview

Abstract

Materi plantae mempelajari ciri-ciri, klasifikasi, manfaat dan reproduksi tumbuhan lumut, tumbuhan paku, gymnospermae dan angiospermae. Strategi Think Talk Write ini melibatkan siswa untuk berpikir, berbicara dan menulis serta dengan media video dapat memberikan gambaran mengenai proses reproduksi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas strategi Think Talk Write berbantuan video pada materi Plantae terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa kelas X SMA Negeri 1 Cawas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X semester genap SMA N 1 Cawas dengan desain One Shoot Case Study. Populasi penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas X. Sampel yang digunakan adalah X MIA 1 dan X MIA 2 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh berupa hasil belajar, aktivitas siswa selama pembelajaran, tanggapan siswa dan guru terhadap penerapan strategi Think Talk Write berbantuan video. Data hasil belajar dianalisis dengan cara deskriptif kuantitatif, sedangkan data aktivitas dianalisis dengan cara deskriptif persentase. Penelitian ini dikatakan efektif jika hasil belajar siswa secara klasikal ≥75% mencapai KKM, dan aktivitas siswa secara klasikal ≥75% termasuk dalam kiteria tinggi dan sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa 83,74 dengan ketuntasan secara klasikal mencapai 93,85%. Rata-rata aktivitas siswa dengan kriteria tinggi dan sangat tinggi mencapai 82,03%. Siswa dan guru memberikan tanggapan yang baik terhadap pembelajaran menggunakan strategi Think Talk Write berbantuan video. Simpulan dari penelitian ini yaitu pembelajaran dengan strategi Think Talk Write berbantuan video efektif diterapkan pada materi Plantae.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Think Talk Write, video, hasil belajar, aktivitas
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Motivating Learners
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 18 Dec 2017 14:43
Last Modified: 18 Dec 2017 14:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28521

Actions (login required)

View Item View Item