HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN ORANGTUA (PARENTAL INVOLVEMENT) DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA SD REJOWINANGUN UTARA 3 KOTA MAGELANG


Fitriani Eka Kusumawardani , 1511411081 (2016) HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN ORANGTUA (PARENTAL INVOLVEMENT) DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA SD REJOWINANGUN UTARA 3 KOTA MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511411081.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (268kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena anak yang memunculkan perilaku sosial yang kurang baik dengan menunjukkan keegoisan pada kelompok sosialnya, tanggung jawab pada diri sendiri yang rendah, serta orangtua yang kurang terlibat aktif dengan anak, kurangnya waktu kebersamaan anak dengan orangtua, serta orangtua melimpahkan tanggung jawab kepadaorang lain yang dipercaya untuk mengasuh. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui gambaran keterlibatan orangtua kepada anak, 2) mengetahui gambaran penyesuaian sosial anak, 3) mengetahui sejauhmana hubungan keterlibatan orangtua (parental Involvement) dengan penyesuaian sosial siswa sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar di Kota Magelang yang memiliki karakteristik orangtua dengan kesibukan tinggi. Sampel yang diambil berjumlah 98 orang dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan skala keterlibatan orangtua dan skala penyesuaian sosial yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Pada skala keterlibatan orangtua koefisien vaiditas aitem r hitung > 0,252 dengan taraf signifikan 5% dengan kisaran 0,259 sampai 0,554 dan reliabilitas sebesar 0,827 yang masuk dalam kategori tinggi. Pada skala penyesuaian sosial koefisien validitas aitem r hitung > 0,252 dengan taraf signifikan 5% dengan kisaran 0,255 sampai 0,637 dan reliabilitas sebesar 0,882 dan masuk dalam kategori tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlibatan orangtua (parental involvement) berada pada kategori tinggi dengan aspek yang paling tinggi adalah paternal responsibility. Penyesuaian sosial anak berada pada kategori sangat tinggi dengan aspek yang paling menonjol adalah sikap sosial. Hasil analisis korelasi diperoleh hasil ada hubungan antara keterlibatan orangtua (parental involvement) dengan penyesuaian sosial siswa dengan ρ < 0,05 yaitu 0,000.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan Orangtua, Penyesuaian Sosial, anak-anak akhir
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 18 Dec 2017 16:53
Last Modified: 22 Dec 2017 13:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28519

Actions (login required)

View Item View Item