KEEFEKTIFAN TEKNIK ADOPSI SIARAN BERITA TELEVISI DAN TEKNIK PENGAMATAN GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP EMPU TANTULAR SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015


Uliyahwati , 2101411002 (2016) KEEFEKTIFAN TEKNIK ADOPSI SIARAN BERITA TELEVISI DAN TEKNIK PENGAMATAN GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP EMPU TANTULAR SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411002.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (587kB) | Preview

Abstract

Telah banyak yang dilakukan mengenai keterampilan menulis teks berita peserta didik dengan simpulan hasil yang baik. Di antara penelitian-penelitian tersebut adalah penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan keteramplian menulis teks berita peserta didik adalah dengan teknik adopsi siaran berita televisi dan teknik pengamatan gambar. Berdasarkan wawancara dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Empu Tantular Semarang, pembelajaran menulis teks berita selama ini belum pernah menerapkan kedua teknik tersebut, hasil belajar peserta didik pada pembelajaran keterampilan menulis teks berita pun belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Oleh sebab itu, teknik adopsi siaran berita televisi dan teknik pengamatan gambar dapat diterapkan di sekolah tersebut pada pembelajaran keterampilan menulis teks berita untuk menentukan teknik yang lebih efektif. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) bagaimanakah keefektifan teknik adopsi siaran berita televisi dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Empu Tantular Semarang, (2) bagaimanakah keefektifan teknik pengamatan gambar dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Empu Tantular Semarang, dan (3) manakah teknik yang lebih efektif antara adopsi siaran berita televisi dan teknik pengamatan gambar dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Empu Tantular Semarang. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) menentukan keefektifan teknik adopsi siaran berita televisi dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Empu Tantular Semarang, (2) menentukan keefektifan teknik pengamatan gambar dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Empu Tantular Semarang, dan (3) menentukan teknik yang lebih efektif antara teknik adopsi siaran berita televisi dan teknik pengamatan gambar dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Empu Tantular Semarang. Penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain pretes-postes kelompok statis. Pada penelitian ini, terdapat dua kelompok. Kelompok A, yaitu kelas VIIIA diberi perlakuan dengan teknik adopsi siaran berita televisi, sedangkan kelompok B, yaitu kelas VIIIC diberi perlakuan dengan teknik pengamatan gambar. Proses pembelajaran yang dilakukan di kelompok A dan kelompok B adalah tes awal (pretes), perlakuan, dan tes akhir (postes). Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Tes berupa soal adalah menulis teks berita dan nontes berupa observasi dan dokumentasi. Temuan pada penelitian ini adalah teknik adopsi siaran berita televisi dan teknik pengamatan gambar memenuhi kriteria keefektifan diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita. Terdapat perbedaan rata-rata yang cukup signifikan dengan selisih 4.25 antara kedua kelompok dengan nilai rata-rata kelompok A adalah 76.5 dan kelompok B adalah 72.25, peserta didik pada kelompok A lebih banyak yang menunjukkan sikap positif daripada kelompok B. Hal ini berarti teknik adopsi siaran berita televisi lebih efektif daripada teknik pengamatan gambar dalam pembelajaran menulis teks berita. Saran yang dapat dikemukakan mengenai penelitian ini, antara lain: (1) peserta didik hendaknya mengikuti pembelajaran dengan aktif dan kondusif, (2) guru Bahasa Indonesia hendaknya memperhatikan penerapan teknik pembelajaran yang cocok, dan (3) perlu diadakan penelitian lebih lanjut yang berkaitan dengan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: adopsi siaran berita televisi, pengamatan gambar, teks berita
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 Dec 2017 14:25
Last Modified: 18 Dec 2017 14:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28517

Actions (login required)

View Item View Item