Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Cerita Pendek Dengan Metode Latihan Terbimbing Melalui Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas VIID SMP Negeri 3 Larangan Kabupaten Brebes


Akhmad Zamaluddin , 2101410127 (2016) Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Cerita Pendek Dengan Metode Latihan Terbimbing Melalui Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas VIID SMP Negeri 3 Larangan Kabupaten Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101410127.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (428kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menyusun teks cerita pendek pada siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Larangan Kabupaten Brebes masih belum optimal. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata klasikal pratindakan keterampilan menyusun teks cerita pendek sebesar 2,34. Berdasarkan hal tersebut, perlu diadakan perbaikan agar keterampilan siswa dalam menyusun teks cerita pendek dapat meningkat. Oleh karena itu, peneliti memberikan solusi dengan penggunaan metode latihan terbimbing dan media komik dalam pembelajaran. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah; (1) bagaimanakah proses pelaksanaan pembelajaran menyusun teks cerita pendek dengan metode latihan terbimbing, melalui media komik berbasis pendidikan karakter, pada siswa kelas VIID SMP Negeri 3 Larangan Kabupaten Brebes, (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menyusun teks cerita pendek dengan metode latihan terbimbing, melalui media komik berbasis pendidikan karakter, pada siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Larangan Kabupaten Brebes, (3) bagaimanakah perubahan sikap religius, setelah pembelajaran menyusun teks cerita pendek dengan metode latihan terbimbing, melalui media komik berbasis pendidikan karakter, pada siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Larangan Kabupaten Brebes, dan (4) bagaimanakah perubahan sikap sosial yang meliputi jujur, tanggungjawab, dan santun setelah pembelajaran menyusun teks cerita pendek dengan metode latihan terbimbing, melalui media komik berbasis pendidikan karakter, pada siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Larangan Kabupaten Brebes. Subjek penelitian ini adalah keterampilan siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Larangan Kabupaten Brebes, dalam menyusun teks cerita pendek. Desain penelitian ini dirancang berdasarkan penelitian tindakan kelas, yakni melalui dua siklus penelitian. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, analisis, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, pengamatan proses, pengamatan sikap, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa metode latihan terbimbing dan media komik berbasis pendidikan karakter, yang digunakan dalam pembelajaran menyusun teks cerita pendek, dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil belajar siswa. Hasil pengamatan proses menunjukkan, siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Larangan Kabupaten Brebes, melaksanakan proses pembelajaran dengan kondusif, aktif, dan antusias. Hal tersebut dapat dilihat melalui peningkatan setiap ___ indikator, pada pedoman pengamatan proses dari siklus I ke siklus II.Perubahan sikap religius dan sikap sosial juga ditunjukkan oleh siswa kelas VII D SMP Negeri 03 Larangan Kabupaten Brebes. Hal tersebut, dapat dilihat melalui peningkatan nilai setiap indikator pada pedoman pengamatan sikap religius dan sosial, dari siklus I ke siklus II.Berdasarkan hasil tes keterampilan menyusun teks cerita pendek dengan metode latihan terbimbing, melalui media komik berbasis pendidikan karakter, pada siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Larangan Kabupaten Brebes, juga menunjukkan peningkatan. Hasil tes pada siklus I, menunjukkan nilai rata-rata kelas 2,95 dan pada pembelajaran siklus II, menunjukkan nilai ratarata kelas 3,38. Ada peningkatan sebesar 0,43. Saran yang diberikan oleh peneliti yaitu, guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia sebaiknya dapat memanfaatkan metode latihan terbimbing dan media komik, sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran menyusun teks cerita pendek. Peneliti di bidang pendidikan maupun bahasa, dapat melakukan penelitian mengenai pembelajaran menyusun teks cerita pendek yang lebih efektif dan inovatif, untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menyusun teks cerita pendek.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: teks cerita pendek, metode latihan terbimbing, media komik.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 Dec 2017 12:45
Last Modified: 18 Dec 2017 12:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28515

Actions (login required)

View Item View Item