PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP LABA-LABA BERBANTUAN MEDIA VIDEO BERITA BENCANA ALAM PADA PESERTA DIDIK KELAS VII A SMP N 2 SUKOLILO PATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Dwi Sulistiyani , 2101410090 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP LABA-LABA BERBANTUAN MEDIA VIDEO BERITA BENCANA ALAM PADA PESERTA DIDIK KELAS VII A SMP N 2 SUKOLILO PATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101410090.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (598kB) | Preview

Abstract

Hasil prasiklus diketahui bahwa keterampilan menyusun teks eksplanasi pada peserta didik kelas VII A SMP N 02 Sukolilo Pati masih tergolong rendah. Hal ini didapat dari hasil wawancara dengan guru bahasa Indonesia kelas VII A SMP N 02 Sukolilo Pati. Data tersebut menunjukkan nilai rata-rata peserta didik dalam menyusun teks eksplanasi hanya sebesar 65,16 dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Masalah tersebut disebabkan minat dan motivasi peserta didik dalam menyusun teks eksplanasi secara tertulis masih kurang sehingga peserta didik dalam pengembangan gagasan belum terungkap padat. Peserta didik juga tidak terbiasa dalam menyusun teks eksplanasi dengan memperhatikan EYD yang mengakibatkan peserta didik kurang teliti dalam penulisan kalimat, pemilihan kata maupun penggunaan ejaan dan tanda baca, serta kurangnya pengetahuan peserta didik mengenai materi teks eksplanasi dalam pembelajaran menyusun teks eksplanasi. Metode dan media pembelajaran menyusun teks ekplanasi secara tertulis yang digunakan juga masih kurang bervariasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah proses pembelajaran, peningkatan keterampilan menyusun teks eksplanasi, perubahan sikap religious, perubahan sikap sosial peserta didik kelas VII A SMP N 02 Sukolilo Pati setelah dilakukan pembelajaran menyusun teks eksplanasi menggunakan metode peta konsep laba-laba berbantuan media video berita bencana alam. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran, peningkatan keterampilan menyusun teks eksplanasi, perubahan sikap religious, perubahan sikap sosial peserta didik kelas VII A SMP N 02 Sukolilo Pati setelah dilakukan pembelajaran menyusun teks eksplanasi menggunakan metode peta konsep laba-laba berbantuan media video berita bencana alam. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menyusun teks eksplanasi pada peserta didik kelas VII A SMP N 02 Sukolilo Pati. Variabel yang digunaka yaitu variabel keterampilan menyusun teks ekplanasi, serta variabel metode peta konsep laba-laba berbantuan media video berita bencana alam. Desain penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus memiliki empat tahap yakni perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dengan teknik tes, teknik observasi, teknik wawancara, teknik jurnal, dan teknik dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu instrument tes, pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman jurnal, dan pedoman dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menyusun teks eksplanasi menggunakan metode peta konsep laba-laba berbantuan media video berita bencana alam pada peserta didik kelas VII A SMP N 02 Sukolilo Pati berlangsung kondusif. Proses pembelajaran berlangsung dengan kegiatan pemberian stimulus, diskusi untuk mengidentifikasi karakteristik teks eksplanasi, membuat kerangka berpikir peta konsep laba-laba dan menyusun teks eksplanasi. Hasil tes ketrampilan menyusun teks eksplanasi pada prasiklus mencapai 65,16, pada siklus I mencapai 71,2, dan pada siklus II mencapai 82,2. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas VII A dari prasiklus ke siklus I sebanyak 6,04 dan dari siklus I ke siklus II sebanyak 11,4, dan dari prasiklus ke siklus II sebanyak 17,04. Perubahan sikap religius peserta didik pada saat mengikuti proses pembelajaran menyusun teks ekplanasi mengalami perubahan dari siklus I ke siklus II yakni dari hasil analisis data perilaku religius peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 72,68 dan pada siklus II sama yaitu 79,76. Perilaku sosial meliputi sikap jujur, tanggung jawab, dan santun peserta didik pada saat mengikuti proses pembelajaran menyusun teks eksplanasi pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 65,27 dan mengalami peningkatan menjadi 79,33 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menyusun teks eksplanasi menggunakan metode peta konsep laba-laba berbantuan video berita bencana alam berjalan kondusif. Saran yang diberikan berdasarkan penelitian ini adalah guru bahasa dan sastra Indonesia hendaknya menerapkan metode peta konsep laba-laba berbantuan video berita bencana alam sebagai alternatif pembelajaran sehingga sikap religius, sosial, pengetahuan dan keterampilan menulis peserta didik meningkat. Saran bagi peserta didik hendaknya berlatih menyusun teks eksplanasi dengan memperhatikan isi, organisasi, kosa kata, penggunaan bahasa, mekanik yang dapat mengatasi kesulitan belajar dalam pembelajaran menyusun teks eksplanasi secara tertulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menyusun teks eksplanasi, metode peta konsep labalaba, video berita bencana alam.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 Dec 2017 12:40
Last Modified: 18 Dec 2017 12:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28514

Actions (login required)

View Item View Item