PENGEMBANGAN BUKU KUMPULAN ILUSTRASI GAMBAR SEBAGAI MEDIA MENULIS TEKS ANEKDOT


Yusuf Arief Eka Adi Raharjo , 2101410088 (2016) PENGEMBANGAN BUKU KUMPULAN ILUSTRASI GAMBAR SEBAGAI MEDIA MENULIS TEKS ANEKDOT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101410088.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (386kB) | Preview

Abstract

Pada umumnya siswa kurang tertarik dalam memproduksi teks anekdot. Hal tersebut disebabkan karena proses pembelajaran yang masih terpaku pada buku teks saja. Kurang bervariasinya media yang digunakan dalam pembelajaran menulis teks anekdot juga menjadi salah satu kendala. Siswa membutuhkan suatu media untuk membantu menemukan gagasan atau ide dalam penulisan teks anekdot. Ilustrasi gambar berpeluang besar menjadi media menulis teks anekdot karena gambar tidak hanya menarik tetapi juga memberikan ide pokok serta peningkatan imajinasi siswa. Penelitian pengembangan buku kumpulan ilustrasi gambar ini dilakukan untuk mengembangkan model kumpulan ilustrasi gambar bermuatan anekdot. Masalah yang hendak dipecahkan melalui penelitian ini adalah, (1) bagaimanakah kebutuhan buku kumpulan ilustrasi gambar sebagai media menulis teks anekdot, (2) bagaimanakah penilaian guru dan ahli terhadap prototipe kumpulan ilustrasi gambar sebagai media menulis teks anekdot, dan (3) bagaimanakah prototipe buku kumpulan ilustrasi gambar sebagai media menulis teks anekdot berdasarkan penilaian guru dan ahli. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan buku kumpulan ilustrasi gambar sebagai pengembangan teks anekdot, (2) mendeskripsikan persepsi guru dan ahli terhadap prototipe buku kumpulan ilustrasi gambar sebagai pengembangan teks anekdot, dan (3) Mengembangkan prototipe buku kumpulan ilustrasi gambar sebagai media menulis teks anekdot yang sesuai untuk siswa SMA berdasarkan penilaian guru dan ahli. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dalam buku karya Sugiyono. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket kebutuhan, dan lembar penilaian. Data kebutuhan diambil dari 60 siswa dan 3 guru bahasa Indonesia dari 3 sekolah dengan latar belakang yang berbeda, yaitu SMA Negeri 6 Semarang yang berada di daerah perkotaan, SMA Negeri 7 Semarang yang berada di daerah pedesaan dan SMA Negeri 9 Semarang yang berada di antara kota dan desa. Data penilaian diperoleh dari 3 guru bahasa Indonesia dari 3 sekolah tersebut dan 2 dosen ahli, masingmasing ahli pada bidang bahasa dan media. Instrumen yang digunakan berupa angket kebutuhan, lembar observasi dan pedoman wawancara. Setelah melakukan penelitian, diperoleh data kebutuhan dari siswa dan guru terhadap media buku kumpulan ilustrasi gambar. Hasil analisis kebutuhan siswa dan guru tersebut selanjutnya dirumuskan ke dalam prinsip-prinsip penyusunan media buku kumpulan ilustrasi gambar. Berdasarkan analisis kebutuhan tersebut didapatkan prinsip-prinsip penyusunan media buku kumpulan ilustrasi gambar, yaitu (1) warna sampul buku didominasi warna biru dan emas yang dipadukan dengan warna lain secara proporsional dengan gambar kartun sebagai penggambaran isi buku, (2) isi media atau materi disesuaikan dengan kebutuhan siswa dengan cara penyampaian yang mudah dipahami, disertai contoh teks serta langkah pemanfaatan ilustrasi gambar, (3) ilustrasi gambar berupa kartun yang bermuatan anekdot, berwarna, dan mudah dicerna. Penilaian yang didapatkan dari guru dan dosen ahli antara lain: (1) aspek fisik buku dan grafika 86,4 (sangat baik); (2) aspek materi 92 (sangat baik); (3) aspek bahasa dan keterbacaan 91,6 (sangat baik); (4) aspek kesesuaian ilustrasi gambar dengan teks anekdot 90,2 (sangat baik); dan (5) aspek penyajian 86,4 (sangat baik). Perbaikan-perbaikan yang dilakukan yaitu (1) perubahan warna, ukuran, bentuk tulisan dan judul pada sampul , (2) penambahkan petunjuk pemanfaatan gambar; (3) perubahan tampilan pada isi dan desain buku dengan memperbanyak pilihan warna dan penyesuaian tata letak, (4) penambahan materi, dan (5) perubahan pada ilustrasi gambar. Saran yang direkomendasikan dari hasil penelitian adalah (1) guru mata pelajaran Bahasa Indonesia sebaiknya menggunakan media pembelajaran seperti buku kumpulan ilustrasi gambar sebagai media menulis teks anekdot supaya siswa tidak jenuh, (2) pemantau pelaksanaan pendidikan hendaknya dapat mengembangkan media yang berkaitan dengan teks anekdot mengingat media sejenis belum banyak ditemukan, dan (3) perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan memproduksi teks anekdot dengan media buku kumpulan ilustrasi gambar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan media, kumpulan ilustrasi gambar, menulis teks anekdot
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 Dec 2017 12:35
Last Modified: 18 Dec 2017 12:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28513

Actions (login required)

View Item View Item