PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN METODE JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) PADA SISWA KELAS VIIF SMP NEGERI 1 PURBALINGGA


Sabrina Trissanji , 2101410026 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN METODE JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) PADA SISWA KELAS VIIF SMP NEGERI 1 PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101410026.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan wawancara dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIIF SMP Negeri 1 Purbalingga, diperoleh fakta bahwa kompetensi keterampilan menyusun teks laporan hasil observasi belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75 atau nilai konversi 3. Rendahnya keterampilan menyusun teks laporan hasil observasi tersebut disebabkan siswa masih kesulitan dalam menemukan dan mengungkapkan ide, mendefinisikan dan mendeskripsikan objek secara rinci, dan menentukan diksi, ejaan, dan tanda baca yang tepat. Berdasarkan wawancara dengan beberapa siswa kelas VIIF, mereka menyatakan bahwa materi teks laporan hasil observasi tergolong sulit dan kurang tertarik dengan pembelajaran yang telah dilakukan. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan keterampilan menyusun teks laporan hasil observasi digunakan model Discovery learning dan metode Jelajah Alam Sekitar (JAS). Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana proses pembelajaran menyusun teks laporan hasil observasi, (2) bagaimana perubahan sikap religius siswa, (2) bagaimana perubahan sikap sosial siswa, (4) bagaimana peningkatan pengetahuan menyusun teks laporan hasil observasi, dan (5) bagaimana peningkatan keterampilan menyusun teks laporan hasil observasi setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Discovery learning dan metode Jelajah Alam Sekitar (JAS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan batas ketuntasan minimal sebesar 3 atau setara dengan nilai 75 dengan predikat B. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menyusun teks laporan hasil observasi siswa kelas VIIF SMP Negeri 1 Purbalingga. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu keterampilan menyusun teks laporan hasil observasi dan model Discovery learning dengan metode Jelajah Alam Sekitar (JAS). Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa tes pengetahuan memahami teks laporan hasil observasi dan tes keterampilan menyusun teks laporan hasil observasi. Teknik nontes berupa observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) proses pembelajaran menyusun teks laporan hasil observasi menggunakan model Discovery learning dengan metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) dari siklus I ke siklus II semakin efektif, kondusif, dan intensif. Siswa kelas VIIF menunjukkan keaktifan yang meningkat dari siklus I ke siklus II, (2) sikap religius dari siklus I ke siklus II menunjukkan perubahan ke arah yang positif, (3) sikap sosial yang terdiri atas sikap jujur, tanggung jawab, peduli, santun, dan percaya diri dari siklus I ke siklus II juga menunjukkan perubahan ke arah yang positif, (4) terjadi peningkatan pengetahuan memahami teks laporan hasil observasi dari siklus I ke siklus II sebesar 0,48 atau 12%. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 2,69 atau setara dengan 67,25 dengan predikat B. Pada siklus II meningkat menjadi 3,17 atau setara dengan 79,25 dengan predikat B+, (5) terjadi peningkatan keterampilan menyusun teks laporan hasil observasi dari siklus I ke siklus II sebesar 0,3 atau 7,5%. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 2,92 atau setara dengan 73 dengan predikat B. Pada siklus II meningkat menjadi 3,22 atau setara dengan 80,5 dengan predikat B+. Perolehan hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menyusun teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VIIF SMP Negeri 1 Purbalingga dapat ditingkatkan dengan menggunakan model Discovery learning dengan metode Jelajah Alam Sekitar (JAS). Saran kepada guru mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu agar mengimplementasikan model Discovery learning dengan metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) karena telah terbukti dapat meningkatkan keterampilan menyusun teks laporan hasil observasi secara tertulis. Saran kepada peneliti lain agar melakukan penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan menggunakan model dan metode lain yang lebih variatif dan inovatif sehingga diperoleh berbagai alternatif model dan metode pembelajaran menyusun teks laporan hasil observasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menyusun teks laporan hasil observasi, model Discovery Learning, metode Jelajah Alam Sekitar (JAS).
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 Dec 2017 12:26
Last Modified: 18 Dec 2017 12:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28511

Actions (login required)

View Item View Item