PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII H SMP NEGERI 21 SEMARANG


Desy Cahya Ningrum , 2101410008 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII H SMP NEGERI 21 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101410008.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (941kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia Kurikulum 2013 berbasis pada teks. Salah satu teks yang diajarkan yaitu teks eksplanasi. Guru bahasa dan sastra Indonesia SMP Negeri 21 Semarang menyatakan bahwa teks eksplanasi merupakan teks yang baru diajarkan dalam kurikulum sekolah, sehingga cara membelajarkannya pun masih sederhana seperti dengan metode ceramah. Media pembelajaran yang digunakan juga masih kurang menarik seperti koran, majalah, atau gambar yang ada di dalam buku teks. Selain itu, nilai hasil pembelajaran menyusun teks eksplanasi masih tergolong rendah atau berada di bawah ketuntasan minimal yaitu di bawah 2,67 atau setara dengan 66,75. Semangat peserta didik untuk menulis belum terimbangi dengan adanya media yang memadai, khususnya media menyusun teks eksplanasi. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya metode dan media yang menarik peserta didik dalam pembelajaran menyusun teks eksplanasi. Penelitian ini akan menggunakan metode peta konsep dan media kartu bergambar dalam pembelajaran menyusun teks eksplanasi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimana proses pembelajaran keterampilan menyusun teks eksplanasi; (2) bagaimana peningkatan pengetahuan menyusun teks eksplanasi; (3) bagaimanana peningkatan keterampilan menyusun teks eksplanasi; (4) bagaimana perubahan sikap pada peserta didik setelah mengikuti pembelajaran menyusun teks eksplanasi menggunakan metode peta konsep berbantuan media kartu bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan batas ketuntasan minimal sebesar 2,67 atau setara dengan 66,75 termasuk dalam predikat B-. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menyusun teks eksplanasi pada peserta didik kelas VII H SMP Negeri 21 Semarang. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu keterampilan menyusun teks eksplanasi serta metode peta konsep dan media kartu bergambar. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa tes pengetahuan memahami teks eksplanasi dan tes keterampilan menyusun teks eksplanasi. Teknik nontes berupa observasi, jurnal, wawancara, serta dokumentasi foto. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran menyusun teks eksplanasi menggunakan metode peta konsep berbantuan media kartu bergambar dari siklus I ke siklus II semakin kondusif, aktif, dan intensif. Dari siklus I ke siklus II peserta didik makin banyak yang memperhatikan, aktif bertanya, dan sungguh-sungguh mengerjakan tugas; (2) pengetahuan menyusun teks eksplanasi peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil tes pengetahuan dari siklus I ke siklus II sebesar atau 11,90%. Pada siklus I rata-rata nila tes pengetahuan yaitu 70,13 dengan predikat B- dan pada siklus II meningkat menjadi 78,47 dengan predikat B; (3) terjadi peningkatan keterampilan menyusun teks eksplanasi dari prasiklus ke siklus I, dan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata nilai pada prasiklus yaitu 64,13 dan pada sikus I meningkat menjadi 69,83. Peningkatan yang terjadi dari prasiklus ke siklus I yaitu sebesar 8,88%. Selanjutnya perolehan rata-rata pada siklus II yaitu 79,27. Peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 13,52%, dan peningkatan dari prasiklus ke siklus II yaitu sebesar 23,61%; (4) sikap peserta didik dari siklus I ke siklus II mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Dari siklus I ke siklus II peserta didik memperlihatkan sikap religius, jujur dan kreatif semakin baik. Perolehan hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menyusun teks eksplanasi menggunakan metode peta konsep berbantuan media kartu bergambar dapat meningkatkan hasil pembelajaran peserta didik kelas VII H SMP Negeri 21 Semarang. Saran untuk guru bahasa dan sastra Indonesia yaitu agar dapat menggunakan metode peta konsep dan media kartu bergambar dalam pembelajaran menyusun teks eksplanasi yang telah terbukti dapat meningkatkan hasil pembelajaran. Saran kepada peneliti lain yaitu melakukan penelitian lebih lanjut dari penelitian ini dengan menggunakan metode dan media yang lebih kreatif dan inovatif sehingga diperoleh berbagai alternatif metode dan media untuk pembelajaran menyusun teks eksplanasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menyusun teks eksplanasi, metode peta konsep, media kartu bergambar.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 Dec 2017 12:22
Last Modified: 18 Dec 2017 12:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28510

Actions (login required)

View Item View Item