KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN “SI IMUT” BERBASIS MASALAH MATERI SISTEM IMUN TERHADAP SIKAP PEKA DAN PEDULI KESELAMATAN DIRI DAN LINGKUNGAN SISWA


Salma Hafizhati Millatina Azka , 6411411070 (2016) KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN “SI IMUT” BERBASIS MASALAH MATERI SISTEM IMUN TERHADAP SIKAP PEKA DAN PEDULI KESELAMATAN DIRI DAN LINGKUNGAN SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401411040.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (453kB) | Preview

Abstract

Materi sistem imun berkaitan dalam masalah kehidupan. Pada silabus sebanyak 4 kali pertemuan seringkali mengalami keterbatasan waktu. Obyek pembelajaran materi sistem imun terjadi di dalam tubuh manusia, sehingga tidak dapat dilihat secara langsung. Tuntutan sikap untuk peka dan peduli keselamatan diri dan lingkungan dalam silabus. Diperlukan media pembelajaran visual berbasis masalah yang sesuai dengan silabus. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah media pembelajaran “Si Imut” berbasis masalah materi sistem imun efektif terhadap hasil belajar dan sikap peka dan peduli keselamatan diri dan lingkungan. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 13 Semarang pada semester genap tahun 2016. Pengambilan sampel menggunakan random sampling. Desain pengambilan data menggunakan Posttest-Only Control Design. Teknik pengambilan data menggunakan lembar angket sikap, tes kognitif, lembar diskusi siswa, lembar observasi ketrampilan, serta angket tanggapan guru dan siswa. Pembelajaran di kelas menggunakan metode berbasis masalah. Data kuantitatif dianalisis secara kuantitatif yang diambil dari nilai LDS dan tes. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif persentase yang diambil dari angket sikap, kuesioner siswa dan guru terhadap media. Kompetensi sikap tercapai dengan predikat minimal baik (B). Ketuntasan belajar kompetensi ketrampilan kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Hasil perhitungan uji t dari nilai kompetensi pengetahuan kelompok eksperimen lebih dari atau sama dengan nilai kelompok kontrol. Tanggapan guru dan siswa terhadap “Si Imut” minimal baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 100% siswa memperoleh sikap predikat minimal baik (B), ketuntasan ketrampilan siswa kelompok eksperimen sebesar 90,9%, sedangkan kelompok kontrol 84,8%, nilai rata-rata pengetahuan kelompok eksperimen sebesar 67, sedangkan kelompok kontrol 61. siswa dan guru memberikan tanggapan yang sangat baik terhadap media pembelajaran Si Imut. Simpulannya yaitu pembelajaran dengan media pembelajaran Si Imut berbasis masalah materi sistem imun efektif terhadap sikap peka dan peduli keselamatan diri dan lingkungan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Pembelajaran Berbasis Masalah; Sikap; Sistem Imun
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: handoyo eko perpus
Date Deposited: 15 Dec 2017 14:38
Last Modified: 15 Dec 2017 14:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28509

Actions (login required)

View Item View Item