ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BERDASARKAN TAKSONOMI BARRET PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS DWIJA HARAPAN KECAMATAN MIJEN


AMALIA KHUSNUL KHOTIMAH, 1401412376 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BERDASARKAN TAKSONOMI BARRET PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS DWIJA HARAPAN KECAMATAN MIJEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412376.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (673kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia di SD N Gugus Dwija Harapan. Hal ini disebabkan karena siswa masih kesulitan dalam memahami bacaan. Penelitian ini membahas mengenai kemampuan membaca pemahaman siswa berdasarkan Taksonomi Barret. Adapun aspek pemahaman tersebut antara lain pemahaman literal, pemahaman inferensial, pemahaman reorganisasi, pemahaman evaluatif, dan pemahaman apresiasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana kemampuan membaca pemahaman berdasarkan taksonomi barret pada siswa kelas IV SD N Gugus Dwija Harapan Kecamatan Mijen”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman berdasarkan Taksonomi Barret pada siswa kelas IV SD N Gugus Dwija Harapan Kecamatan Mijen. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Gugus Dwija Harapan Kecamatan Mijen di kelas IV pada bulan April-Mei 2016. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Data penelitian diperoleh menggunakan tes objektif dan wawancara guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase nilai rata-rata yang diperoleh pada tingkat pemahaman literal adalah 74%, pada tingkat pemahaman reorganisasi sebesar 71%, pada tingkat pemahaman inferensial adalah 68%, pada tingkat pemahaman evaluatif adalah 56%, dan pada tingkat pemahaman apresiasi adalah 58%. Berdasarkan wawancara dengan siswa dapat disimpulkan beberapa hal yang menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami bacaan antara lain: 1) kondisi pengelihatan kurang baik; 2) belum lancar dalam membaca; 3) pemparafrasean yang salah; 4) penghilangan kata; 5) pengulangan kata; 6) kesulitan menganalisis struktur kata; dan 7) tidak mengenali makna kata dalam kalimat. Berdasarkan kesulitan tersebut solusi yang dapat dilakukan antara lain: 1) mengelompokan siswa secara khusus; 2) meningkatkan minat baca siswa; 3) menggunakan strategi pengenalan makna; dan 4) menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan. Simpulan dari penelitian ini adalah rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Gugus Dwija Harapan termasuk dalam kategori cukup. Saran yang diberikan adalah adanya kerja sama yang baik antara guru, orangtua, dan siswa sehingga pembelajaran membaca pemahaman akan berjalan baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Pemahaman, Taksonomi Barret.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:15
Last Modified: 10 May 2019 13:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28507

Actions (login required)

View Item View Item