KEEFEKTIFAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTUAN COMPACT DISK PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESAWAT SEDERHANA SISWA KELAS V SDN DEBONG KIDUL 1 KOTA TEGAL


Vip Valiant Abdurahman Alim , 1401412374 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTUAN COMPACT DISK PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESAWAT SEDERHANA SISWA KELAS V SDN DEBONG KIDUL 1 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412374.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (322kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran IPA yaitu guru kurang inovatif dalam menerapkan model dan media dalam pembelajaran. Pada umumnya guru hanya menerapkan model konvensional sehingga siswa menjadi pasif dan kurang tertarik pada pelajaran IPA. Hal tersebut berdampak pada rendahnya minat dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi dalam pembelajaran IPA, salah satunya yaitu dengan menerapkan model Snowball Throwing berbantuan Compact Disk Pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan model Snowball Throwing berbantuan Compact Disk Pembelajaran dibandingkan dengan model konvensional pada pembelajaran IPA materi pesawat sederhana di kelas V. Desain yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, observasi, angket dan tes. Analisis data menggunakan uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene untuk uji homogenitas, uji independent sample t-test dan uji pihak kanan melalui one sampel t-test untuk uji hipotesis serta uji bivariate correlation untuk menguji hubungan. Semua penghitungan diolah menggunakan SPSS versi 23. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Debong Kidul 1 tahun ajaran 2015/2016 sejumlah 74 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan VB sebagai kelompok kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Hasil uji hipotesis perbedaan minat belajar siswa melalui uji Independent Samples T Test menghasilkan nilai thitung (4,693) > ttabel (1,993) dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan uji hipotesis keefektifan menggunakan uji One Sampel T Test t hitung (6,117) > ttabel (2,028), maka Ho ditolak. Sedangkan hasil uji hipotesis perbedaan hasil belajar siswa nilai thitung (6,705 > ttabel (1,993) dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan uji hipotesis keefektifan menggunakan uji One Sampel T Test t hitung (11,718) > ttabel (2,028), maka Ho ditolak. Untuk menguji hubungan antara minat dan hasil menggunakan uji korelasi sederhana dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,841, nilai thitung (9,196) > ttabel (2,030) dengan signifikansi 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa Penggunaan model Snowball Throwing berbantuan Compat Disk Pembelajaran efektif terhadap minat dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Compact disk pembelajaran, hasil belajar, minat belajar, snowbal throwing
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:15
Last Modified: 10 May 2019 13:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28506

Actions (login required)

View Item View Item