ANALISIS PELAKSANAAN PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK BERBASIS KELAS DI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN MIJEN


Falasifah Nuraini , 1401412371 (2016) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK BERBASIS KELAS DI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN MIJEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412371.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (705kB) | Preview

Abstract

Karakter bangsa Indonesia saat ini berada pada titik mengkhawatirkan dengan maraknya kasus pelecehan, narkoba dan kriminalitas yang melibatkan anak-anak. Oleh karena ini pendidikan harus menjadi wadah utama dalam pembentukan karakter peserta didik yang dilaksanakan oleh guru, Penelitian ini didasari oleh belum optimalnya upaya pembentukan karakter peserta didik yang dilakukan guru karena guru belum sepenuhnya memahamii pendidikan karakter dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan mendeskripsikan kenyataan yang terjadi di sekolah dasar tentang pelaksanaan pembentukan karakter peserta didik melalui pendidikan karakter berbasis kelas di gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Mijen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Menggunakan sample seluruh SD Negeri yang berada di gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Mijen yang berjumlah 6 SD. Dengan 12 guru dan siswa dari kelas IV dan kelas V. Penelitian dilakukan dengan observasi pembelajaran, angket karakter peserta didik dan wawancara dengan guru keas IV dan kelas V.Teknik anlisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan pembentukan karakter melalui pendidikan karakter berbasis kelas dengan kriteria “baik” . Ratarata skor yang diperoleh yaitu 24,33. Sementara itu angket karakter peserta didik menunjukkan hasil yang berbanding lurus dengan usaha yang telah dilakukan guru yaitu memperoleh kriteria “sangat baik”. Masing-masing guru memiliki langkah yang khas untuk membentuk karakter peserta didik antara lain dengan cara, (1) menjaga hubungan dengan peserta didik, (2) mengintegrasikan nilai karakter kedalam pelajaran, (3) membiasakan kebiasaan baik yang diterapkan dalam kegiatan sehari-hari,(4) menjadikan diri sebagai sosok teladan, dan (5) menegakkan kedisiplinan pada peserta didik dengan hukuman secara personal. Simpulan hasil penelitian adalah, pelaksanaan pembentukan karakter peserta didik melalui pendidikan karakter berbasis kelas dan karater peserta didik di gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan mijen telah berjalan dengan baik. Tiap-tiap guru telah memiliki langkah pembentukan karakter melalui pendidikan karakter berbasis kelas yang tepat sesuai dengan kondisi setiap sekolah. Saran dalam penelitian ini guru hendaknya meningkatkan wawasan mengenai pendidikan karakter, meningkatkan pembiasaan baik pada peserta didik, dan kepada sekolah hendaknya memberi perhatian dengan menyediakan berbagai fasilitas penunjang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karakter,Pendidikan Karakter, Peserta didik, Sekolah Dasar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:15
Last Modified: 10 May 2019 13:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28505

Actions (login required)

View Item View Item