PERAN GURU DALAM PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA PADA SISWA KELAS IV SDN GUGUS MOH YAMIN KECAMATAN KENDAL


RIKA PUTRIANA , 1401412369 (2016) PERAN GURU DALAM PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA PADA SISWA KELAS IV SDN GUGUS MOH YAMIN KECAMATAN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412369.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (560kB) | Preview

Abstract

Perpustakaan sekolah adalah salah satu penunjang dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, perpustakaan sekolah harus dimanfaatkan semaksimal mungkin sebagai sumber informasi dan sarana rekreasi edukatif yang menyenangkan bagi penggunanya terutama para siswa sehingga diharapkan perpustakaan sekolah dapat menumbuhkan kecintaan siswa terhadap membaca. Pemanfaatan perpustakaan tidak terlepas dari peranan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam pemanfaatan perpustakaan untuk menumbuhkan minat baca dan minat baca di perpustakaan pada siswa kelas IV SDN Gugus Moh Yamin Kecamatan Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-Mei 2016. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Gugus Moh Yamin Kecamatan Kendal. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah berperan baik dalam memanfaatkan perpustakaan untuk menumbuhkan minat baca pada siswa. Dari hasil angket menunjukkan peran guru dalam pemanfaatan perpustakaan untuk menumbuhkan minat baca pada siswa kelas IV SDN Kalibuntuwetan memperoleh persentase 80,73%. SDN 2 Sukodono memperoleh persentase 75,44%, SDN 1 Sukodono memperoleh persentase 68,87%, SDN 1 Trompo memperoleh persentase 66,58%, dan SDN 2 Trompo memperoleh persentase 62,02%. Dari hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa minat baca siswa di perpustakaan pada kategori baik. Dari hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa siswa sering berkunjung ke perpustakaan untuk membaca dan meminjam buku. Dari hasil angket menunjukkan bahwa minat baca pada siswa kelas IV SDN Kalibuntuwetan memperoleh persentase 80,75%, SDN 1 Sukodono dan SDN 2 Sukodono memperoleh presentase 79,84%, SDN 1 Trompo, memperoleh persentase 78,10%, dan SDN 2 Trompo memperoleh persentase 75,49%. Simpulan dari penelitian ini adalah minat baca siswa dan peran guru dalam pemanfaatan perpustakaan untuk menumbuhkan minat baca siswa sudah baik. Hanya saja guru perlu evaluasi lebih lanjut lagi agar dapat menemukan faktorfaktor lainnya yang menyebabkan kurang optimalnya pemanfaatan perpustakaan untuk menumbuhkan minat baca siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat baca, peran guru, perpustakaan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:15
Last Modified: 10 May 2019 13:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28504

Actions (login required)

View Item View Item