PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS SRIKANDI KECAMATAN SEMARANG BARAT


FIDA AULIA , 1401412365 (2016) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS SRIKANDI KECAMATAN SEMARANG BARAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412365.pdf]
Preview
PDF
Download (828kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang jarang menggunakan media dalam proses pembelajaran yang disebabkan karena guru kurang begitu memahami cara menggunakan media-media tertentu yang akan digunakan. Selain itu kondisi dan ketersediaan media pembelajaran juga mempengaruhi pemanfaatan media dalam pembelajaran oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pemanfaatan media pembelajaran IPA sebagai sumber belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus Srikandi Kecamatan Semarang Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran IPA sebagai sumber belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus Srikandi Kecamatan Semarang Barat Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 4 SD Negeri di Gugus Srikandi Kecamatan Semarang Barat, dengan 124 siswa kelas V, 4 guru kelas V, dan 4 kepala sekolah. Penelitian dilakukan selama dua kali pertemuan. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa, dan data dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan rata-rata tiap sekolah telah memanfaatkan media pembelajaran dengan baik. Berdasarkan hasil angket ada pada persentase ketercapaian indikator baik, yaitu 70% < skor ≤ 85% dengan persentase sebesar 75,85%. Sedangkan berdasarkan hasil observasi ada pada kategori baik dengan ketercapaian indikator 12 ≤ skor < 17 dengan skor 15. Siswa juga lebih aktif dan mendapatkan hasil belajar yang baik setelah guru menggunakan media pembelajaran.. Simpulan hasil penelitian adalah, berdasarkan hasil observasi, angket, dan wawancara, maka pemanfaatan media pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri Gugus Srikandi Kecamatan Semarang Barat sudah menunjukkan kategori baik. Namun beberapa guru masih belum menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Saran bagi guru yaitu agar selalu menggunakan media pembelajaran yang bervariasi setiap proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan media pembelajaran, pembelajaran IPA.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:14
Last Modified: 10 May 2019 13:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28499

Actions (login required)

View Item View Item