HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD NEGERI DI-DESA UNDAAN TENGAH KABUPATEN KUDUS


ACHMAROH , 1401412364 (2016) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD NEGERI DI-DESA UNDAAN TENGAH KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412364.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (321kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis. Data awal observasi di SD Negeri di-Desa Undaan Tengah Kabupaten Kudus adalah rendahnya nilai siswa terutama dalam UTS pembelajaran IPS, kurangnya perhatian orang tua, siswa tidak semangat belajar karena secara psikis maupun fisik, pemenuhan kebutuhan penunjang dalam belajar tidak terpenuhi, dan minat siswa yang rendah dalam belajar mata pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah Hubungan Perhatian Orang Tua dan Motivasi Berprestasi Siswa dengan Hasil Belajar IPS kelas IV SD Negeri di-Desa Undaan Tengah Kabupaten Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Hubungan Perhatian Orang Tua dan Motivasi Berprestasi Siswa dengan Hasil Belajar IPS kelas IV SD Negeri di-Desa Undaan Tengah Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel bebas yaitu perhatian orang tua dan motivasi berprestasi siswa, kemudian satu variabel terikat yaitu hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas IV SD Negeri di-Desa Undaan Tengah dengan jumlah 49 siswa. Metode pengumpulan data berupa tes dan dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa perhatian orang tua dalam kategori cukup baik 36 (74%) siswa, sedangkan motivasi berprestasi dalam kategori baik 24 (49%), dan hasil belajar IPS siswa juga dalam kategori baik 20 (41%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya hubungan perhatian orang tua dan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar IPS sebesar 51,6% dengan nilai rhitung sebesar 0,804 dan nilai signifikansi 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, adanya hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar IPS kelas IV SD Negeri di-Desa Undaan Tengah Kabupaten Kudus. Saran bagi orang tua khususnya agar lebih memperhatikan anaknya supaya dapat terpenuhinya kebutuhan psikis maupun non psikis sehingga memunculkan motivasi berprestasi dan meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Belajar, berprestasi, hasil, motivasi, orang tua, perhatian
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:14
Last Modified: 10 May 2019 13:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28498

Actions (login required)

View Item View Item