META-ANALISIS KUALITATIF SKRIPSI MAHASISWA BERBASIS INKUIRI DATABASE JURUSAN BIOLOGI UNNES 2014


Nurbaiti Hasanah , 4401411038 (2016) META-ANALISIS KUALITATIF SKRIPSI MAHASISWA BERBASIS INKUIRI DATABASE JURUSAN BIOLOGI UNNES 2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of META-ANALISIS KUALITATIF SKRIPSI MAHASISWA BERBASIS INKUIRI DATABASE JURUSAN BIOLOGI UNNES 2014]
Preview
PDF (META-ANALISIS KUALITATIF SKRIPSI MAHASISWA BERBASIS INKUIRI DATABASE JURUSAN BIOLOGI UNNES 2014) - Published Version
Download (764kB) | Preview

Abstract

Database skripsi pendidikan Biologi Unnes tahun 2011-2015 memuat banyak skripsi berbasis inkuiri sehingga memunculkan asumsi bahwa inkuiri adalah jargon yang diulang-ulang dan hasil penelitiannya berkontibusi besar terhadap pembelajaran. Berdasarkan analisis awal ditemukan kekurangan pada skripsi-skripsi tersebut dari segi metodologi dan substansi inkuiri. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan aspek metodologis, sintak inkuiri dan klaim hasil penelitian skripsi berbasis inkuiri database Jurusan Biologi Unnes 2014. Penelitian ini adalah meta-analisis dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan penelitian. Penelitian dilakukan di Perpustakaan Jurusan Biologi FMIPA Unnes. Pada tahap persiapan dipilih empat skripsi mahasiswa berdesain eksperimen sebagai objek penelitian dengan teknik purposive sampling. Data faktual skripsi diperoleh dengan cara dokumentasi. Tahap pelaksanaan dilakukan analisis kualitatif terhadap skripsi menggunakan lembar penilaian. Hasil analsis menunjukkan terdapat kecenderungan kekurangan skripsi pada aspek metodologi, terutama yang berperan besar terhadap kualitas/validitas penelitian. Kecenderungan tersebut yaitu: cara melakukan teknik sampling kurang memadai atau keliru, uji validitas terhadap instumen tes maupun non-tes kurang memadai, penggunaan statistik parametrik (uji t) skripsi 1 dan 4 tanpa melalui uji normalitas terlebih dahulu. Analisis inkuiri skripsi menunjukkan bahwa sintak inkuiri di penegasan istilah didefinisikan kurang lengkap/jelas. Sintak pada RPP tidak konsisten dengan penegasan istilah maupun sintak acuan penelitian ini. Keempat skripsi menunjukkan kecenderungan klaim hasil penelitian berupa pengaruh signifikan implementasi inkuiri terhadap mutu hasil belajar biologi. Tetapi klaim tersebut menjadi kurang kuat karena adanya kekurangan-kekurangan pada aspek metodologis dan implementasi inkuiri. Penilaian kualitas skripsi berdasarkan lima aspek menunjukkan bahwa empat skripsi berkategori kurang. Urutan skripsi berdasarkan perolehan total skor dari yang terbanyak yaitu skripsi 2, 4, 3 dan 1.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: meta-analisis kualitatif, skripsi berbasis inkuiri
Subjects: L Education > L Education (General) > Motivating Learners
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: handoyo eko perpus
Date Deposited: 15 Dec 2017 12:44
Last Modified: 15 Dec 2017 12:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28497

Actions (login required)

View Item View Item