PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN METODE AKROSTIK PADA SISWA KELAS VIII A MTS RIYADUSH SHOLIHIN PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARATAHUN PELAJARAN 2015 – 2016


SURYATNO , 2101409121 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN METODE AKROSTIK PADA SISWA KELAS VIII A MTS RIYADUSH SHOLIHIN PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARATAHUN PELAJARAN 2015 – 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101409121.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (297kB) | Preview

Abstract

Kemampuan peserta didik dalam menulis puisi dikatakan masih rendah karena belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), begitu juga terjadi pada siswa VIII A MTs Riyadush Sholihin Purwareja Klampok. Peserta didik yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (70) dalam menulis puisi tercatat 37.5% saja. Nilai rata-rata klasikal yang diperoleh 68,1. Hambatan yang ditemukan disebabkan oleh peserta didik paham teori puisi, tetapi ketika menulis puisi mereka tidak tahu cara menuliskanya dan beranggapan bahwa menulis itu susah, membingungkan, dan membosankan. Dengan metode akrostik diharapkan dapat memotivasi peserta didik, memberi peluang untuk mengoptimalkan kemampuannya, dan melatih peserta didik untuk lebih kreatif dalam menulis puisi. Dengan demikian, kemampuan menulis puisi peserta didik akan mengalami peningkatan. Berkaitan dengan masalah tersebut, tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah sebagai berikut: (1) mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode akrostik untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII A MTs Riyadush Sholihin Purwareja Klampok, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode akrostik pada siswa kelas VIII A MTs Riyadush Sholihin Purwareja Klampok, dan (3) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIII A MTs Riyadush Sholihin Purwareja Klampok, setelah mendapat pembelajaran menulis puisi melalui metode akrostik. Desain penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus I merupakan tindakan awal dalam penelitian kemampuan menulis puisi menggunakan metode akrostik, sedangkan siklus II bertujuan memperbaiki hasil siklus I. Setiap siklusnya berupa perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, observasi, dan refleksi. Data tes berupa hasil kerja peserta didik untuk mengetahui tingkat kemampuan menulis puisinya berdasarkan tema, bait, rima, dan irama, sedangkan data nontes berupa observasi, jurnal peserta didik, jurnal guru, wawancara, dan dokumentasi foto untuk mengetahui hasil proses pembelajaran dan perubahan perilaku peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran menulis puisi melalui metode akrostik. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII A MTs Riyadush Sholihin Purwareja Klampok Banjarnegara. Secara kesuluruhan, aspek-aspek yang diobservasi dalam penelitian ini berupa keaktifan, kemandirian, dan mempresentasikan hasil pekerjaan peserta didik dalam proses pembelajan menulis puisi melalui metode akrostik pada siklus I tercatat dengan skor 2,33, kategori cukup, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan 1 skor/ 42,91% skor menjadi 3,33 dengan kategori baik. Dengan demikian, proses pembelajaran menulis puisi melalui metode akrostik pada siswa kelas VIII A MTs Riyadush Sholihin Purwareja Klampok Banjarnegara telah mengalami peningkatan yang sangat signifikan dari siklus I ke siklus II. Secara klasikal hasil tes kemampuan menulis puisi berdasarkan bait, rima, dan irama melalui metode akrostik pada peserta didik kelas siswa kelas VIII A MTs Riyadush Sholihin Purwareja Klampok Banjarnegara siklus I tercatat nilai rata-rata kelas 69,85 dengan kategori cukup. Akan tetapi, setelah dilakukan perbaikan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan itu tercatat sebesar 5,65 atau 8,08%, nilai rata-rata menjadi 75,5 pada siklus II. Ketuntasan kemampuan peserta didik pada siklus I tercatat meningkat 15% dari kondisi awal sebesar 37,5% menjadi 52,5%, sedangkan siklus II meningkat 27,5% dari 52,5% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Selain itu, metode akrostik juga meningkatkan perubahan perilaku siswa kelas VIII A MTs Riyadush Sholihin Purwareja Klampok Banjarnegara ke arah lebih positif. Perilaku positif yang dimaksud adalah kedisiplinan, kesiapan, keaktifan, kemampuan menjawab pertanyaan, dan keadaan peserta didik dengan lingkungan belajarnya. Secara keseluruhan peningkatan tersebut dari siklus I ke siklus II adalah skor rata-rata 2,4 dengan kategori cukup pada siklus I dan meningkat 1,2 skor atau 50% menjadi 3,6 dengan kategori baik atau mendekati kategori sangat baik pada siklus II. Setelah penelitian dilaksanakan peneliti memberikan saran-saran sebagai berikut. (1) bagi guru mata pelajaran bahasa Indonesia hendaknya memanfaatkan metode akrostik untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran menulis puisi. Metode akrostik telah terbukti meningkatkan proses pembelajaran, kemampuan menulis puisi, dan mengubah perilaku peserta didik ke arah lebih positif, (2) bagi peserta didik, hendaknya rajin belajar, banyak berlatih, dan mempraktikkan metode akrostik dalam pembelajaran menulis puisi atau kegiatan menulis lainnya supaya kreativitas lebih meningkat, (3) bagi sekolah atau madrasah, hendaknya metode akrostik dapat dijadikan solusi bagi pembelajaran menulis baik menulis puisi atau pembelajaran lainnya, (4) bagi praktisi pendidikan, demi perkembangan pendidikan yang lebih berkualitas hendaknya mereka mengadakan penelitian-penelitian lanjutan mengenai kemampuan menulis puisi (termasuk peneliti sendiri) dengan pendekatan, model, metode, teknik, atau media tertentu yang relevan dan cocok untuk meningkatkan kemampuan menulis khususnya menulis puisi dengan memperhatikan bait, rima, dani rama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: peningkatan kemampuan, menulis puisi, akrostik.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Dec 2017 12:56
Last Modified: 15 Dec 2017 12:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28496

Actions (login required)

View Item View Item