HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS V SD NEGERI DI KELURAHAN MANGKANG KULON KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG


Achmad Faruk, 1401412363 (2016) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS V SD NEGERI DI KELURAHAN MANGKANG KULON KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412363.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (307kB) | Preview

Abstract

Tugas mendidik tidak hanya menjadi tanggung jawab guru di sekolah tetapi orang tua juga ikut bertanggung jawab, terlebih yaitu perkembangan sosial anak. Perkembangan sosial anal perlu dikembangkan agar anak memiliki kecerdasan interpersonal yang baik. Kecerdasan interpersonal ini tentu saja tidak dibawa anak sejak lahir namun diperoleh melalui proses belajar yang berkesinambungan. Anak perlu dilatih untuk mengembangkan keterampilan sosialnya. Orang tua merupakan pendidik utama dan pertama bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan perhatian orang tua dengan kecerdasan interpersonal siswa kelas V SD N di Kelurahan Mangkang Kulon Kecamatan Tugu Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantiatatif. Variabel dalam penelitian ini yaitu perhatian orang tua sebagai variabel bebas dan kecerdasan interpersonal sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri di Kelurahan Mangkang Kulon yaitu SD N Mangkang Kulon 01, SD N Mangkang Kulon 02 dan SD N Mangkang Kulon 03 dengan jumlah keseluruhan 65 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh, sehingga seluruh populasi dijadikan subjek penelitian. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu menggunakan angket. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data adalah statistik deskriptif dan analisis korelasi. Berdasarkan analisis data, dapat dikatakan bahwa siswa kelas V SD Negeri di Kelurahan Mangkang Kulon mendapat perhatian orang tua dengan kategori sangat baik 57% dengan rata-rata skor 118,23 dan kecerdasan interpersonal siswa dalam kategori baik 58% dengan rata-rata skor 111,49. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan kecerdasan interpersonal siswa kelas V SD Negeri di Kelurahan Mangkang Kulon Kecamatan Tugu Kota Semarang hal ini dapat dilihat dari besarnya nilai rhitung yaitu 0,803 dan nilai signifikansi 0,000. Dan pengaruh perhatian orang tua terhadap kecerdasan interpersonal siswa yaitu sebesar 64%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V SD Negeri di Kelurahan Mangkang Kulon mendapat perhatian orang tua sangat baik. Dan kecerdasan interpersonal siswa dalam kategori baik. Serta adanya hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan kecerdasan interpersonal siswa. Untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa salah satu caranya yaitu orang tua harus memberikan perhatian yang meliputi, bimbingan dalam belajar, pengawasan terhadap anak, pemberian penghargaan dan hukuman, penciptaan suasana rumah yang tenteram, pemberian keteladanan dan dukungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan interpersonal, perhatian orang tua
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:13
Last Modified: 10 May 2019 13:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28495

Actions (login required)

View Item View Item